640 rumah rusak akibat puting beliung di Rancaekek, tanggap darurat tujuh hari

Sabtu, 12 Januari 2019 | 20:45 WIB   Reporter: Handoyo
640 rumah rusak akibat puting beliung di Rancaekek, tanggap darurat tujuh hari


PUTING BELIUNG - JAKARTA. Penanganan dampak puting beliung yang menerjang Desa Rancaekek Wetan Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung Jumat (11/1) masih terus dilakukan.

Untuk memudahkan penanganan darurat maka Bupati Bandung telah menetapkan masa tanggap darurat selama tujuh hari yaitu Sabtu (12/1) hingga Jumat (18/1). Status tanggap darurat ditetapkan agar ada kemudahan akses karena dampaknya cukup besar.

"Hingga Sabtu (12/1) sore dampak puting beliung di Rancaekek tercatat 1 orang luka berat, 15 orang luka ringan dan 82 KK mengungsi di Masjid At-Taqwa dan di tenda pengungsian. Sebanyak 640 unit rumah rusak akibat puting beliung," kata Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, dalam siaran persnya, Sabtu (12/1).

TRC BPBD Kab. Bandung telah mendirikan 1 unit tenda pengungsi, menyalurkan 80 unit family kit dan 4 tangki air bersih. Dinas Sosial Kab. Bandung telah mendirikan dapur umum dan 1 unit tenda pengungsi. Korban luka ringan sudah kembali ke rumah masing-masing. Sedangkan 1 orang korban luka berat dirujuk ke RS Hasan Sadikin.

Sementara itu puting beliung juga terjadi di beberapa daerah seperti di Wonogiri, Karanganyar, Cepu, Boyolali, Yogyakarta. Meski dampak yang ditimbulkan tidak banyak namun penanganan darurat masih dilakukan oleh BPBD dan aparat lain khususnya penanganan pohon tumbang, perbaikan rumah, bantuan logistik dan lainnya kepada masyarakat terdampak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru