CLOSE [X]

7 Makanan Khas Jawa Paling Terkenal dan Asal Daerahnya

Kamis, 21 Juli 2022 | 18:03 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
7 Makanan Khas Jawa Paling Terkenal dan Asal Daerahnya

ILUSTRASI. Makanan Khas Jawa. KONTAN/Carolus Agus Waluyo.


KONTAN.CO.ID - Makanan khas Jawa terkenal dengan cita rasa khasnya. Beberapa makanan tradisional jawa memiliki ciri khas manis, gurih, dan dipadukan dengan bumbu rempah. 

Makanan khas Jawa sendiri biasanya merujuk pada dua daerah, yakni Jawa Tengah dan Jawa Timur. Makanan tradsional Jawa dari kedua provinsi tersebut sangat banyak makanan khas unik yang terkenal..

Rasa enak tentunya tidak tersekat suku. Cukup banyak makanan khas Jawa yang kemudian beredar di seluruh Indonesia yang kemudian disukai masyarakat daerah lain. Lalu, apa makanan khas Jawa yang cukup populer di Tanah Air?

Baca Juga: Resep Ikan Kuah Nanas yang Menyegarkan, Cocok Disantap Bareng Nasi Hangat

Makanan khas Jawa

Nah, berikut sederet makanan khas Jawa sebagaimana dirangkum dari Buku Tata Boga Aneka Resep Makanan Tradisional Khas Jawa (2020) oleh Siti Nur Aidah dan Tim Penerbit KBM Indonesia, Penerbit KBM Indonesia:

1. Rujak cingur

Makanan Khas Jawa

Rujak cingur adalah salah satu makanan khas Jawa yang bahan pembuatannya sulit ditemukan apabila berada di luar Jawa. Salah satu bahannya adalah petis. 

Kata cingur sendiri berarti mulut, merujuk pada mulut atau moncong sapi atau kerbau yang telah direbus dan dibersihkan. Di mana cingur merupakan bahan utama hingga disebut rujak cingur.

Dalam sejarahnya, rujak cingur tercipta atas percampuran budaya dari etnis Jawa, Tionghoa, Arab dan Madura. Makanan khas Jawa Timur ini merupakan gabungan dari dua makanan, yakni rujak buah dan cingur dengan bumbu berupa petis.

Baca Juga: Daftar Cream yang Mengandung Merkuri dari BPOM dan Bahayanya untuk Kulit

2. Tahu campur

Makanan Khas Jawa

Bagi orang Jawa Timur, tentu tidak asing lagi ketika mendengar nama menu tahu campur. Tahu campur adalah makanan khas Jawa yang biasa dijajakan oleh pedagang kaki lima.

Tahun campur dengan rasa gurih dan manis yang sangat khas di daerah Jawa Timur dan sebagian Jawa Tengah. 

Tahu campur mudah ditemukan di Lamongan, Surabaya, hingga Sidoarjo. Masakan ini terbuat dari berbagai isian seperti sayur, lentho singkong, tahu, hingga daging atau tetelan sapi. 

Makanan tradisional Jawa ini disajikan dengan petis udang hitam sebagai bumbu kuahnya yang membuatnya nikmat. Tak lupa disajikan pula dengan kerupuk sebagai pelengkapnya.

3. Lodho ayam

Lodho ayam adalah makanan khas Jawa yang berasal dari Pantai Selatan Jawa Timur, tepatnya daerah Trenggalek dan Tulungagung. 

Kuliner ini biasanya terbuat dari ayam kampung yang sudah diolah lebih dahulu lalu diolah lagi dengan santan. Biasanya ayam lodho dibakar lebih dulu atau dipresto lebih dulu.

Biasanya, ayam lodho disajikan bersama nasi uduk dan sayuran urap. Kombinasi bumbu yang pas dengan gurihnya ayam makanan khas Jawa ini dijamin bikin lupa diri.

Baca Juga: Apa Itu Merkuri? Ini Ciri-ciri Wajah Terkena Merkuri dan Bahayanya Bagi Tubuh

4. Tahu tek

Tahu tek adalah salah satu makanan khas Jawa yang populer di Surabaya.  Tahu tek berisi tahu yang digoreng setengah matang, lontong, kentang, dan sedikit tauge.  

Bahan-bahan tersebut kemudian disiram dengan bumbu kacang yang diberi petis. Penjual tahu tek Surabaya juga kerap menambahkan telur dadar dan kerupuk udang sebagai pelengkapnya.

5. Gudeg

Makanan Khas Jawa

Gudeg adalah makanan khas Jawa Tengah dan Yogyakarta. Gudeg adalah salah satu makanan yang awet karena dimasak dengan pemanasan berulang. 

Gudeg bercita rasa manis dengan warna coklat gelap, terbuat dari nangka muda, Saat disajikan dilengkapi dengan areh, sambal goreng krecek, dan laut seperti tempe , tahu, telur, atau daging ayam.

Konon, makanan khas Jawa ini bermula dari para prajurit Mataram Islam yang baru saja membuka hutan Mentaok yang kini menjadi Kota Yogyakarta. 

Baca Juga: Mengulik Desa Wisata Bilebante, Spot Healing di Lombok Tengah yang Masih Asri

6. Soto Kudus

Makanan Khas Jawa

Berkuah bening soto khas Kudus enak dimakan hangat. Bumbunya gurih ringan dengan isian suwiran ayam kampung. Cocok jadi penghangat badan. Itulah makanan khas Jawa bernama soto Kudus.

Sesuai namanya, makanan tradisional Jawa ini berasal dari Kudus Jawa Tengah. Soto Kudus ini bisa dinikmati langsung dicampur nasi atau dipisah. Tergantung selera. 

Soto kudus juga biasa disajikan dengan tambahan perkedel, tempe goreng, sate jeroan, sate telur puyuh.

7. Bacem

Makanan khas Jawa selanjutnya yakni bacem. Warna cokelatnya yang khas dan rasanya yang manis membuat banyak masyarakat menyukainya.

Namun, bacem bukanlah bentuk makanan, tapi justru suatu proses memasak. Bacem adalah teknik pengolahan makanan dengan didominasi oleh gula Jawa. 

Sedangkan gula yang rasanya manis identik dengan masakan Jawa. Selain itu, bacem juga memakai sedikit rempah, hanya ketumbar.

Itulah beberapa makanan khas Jawa yang bisa Anda coba. Saat berkunjung ke Jawa Tengah ataupun Jawa Timur, jangan lupa untuk mencoba mencicipi sederet makakan tradisional Jawa tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru