Jawa Timur

9 Kecamatan di Probolinggo diguyur hujan abu vulkanik Semeru

Minggu, 17 Januari 2021 | 14:26 WIB Sumber: Kompas.com
9 Kecamatan di Probolinggo diguyur hujan abu vulkanik Semeru

ILUSTRASI. Guguran lava pijar Gunung Semeru terlihat dari Desa Oro Oro Ombo, Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur, Rabu (2/12/2020).

KONTAN.CO.ID - PROBOLINGGO. Erupsi Gunung Semeru Lumajang membuat sembilan kecamatan di Kabupaten Probolinggo diguyur hujan abu vulkanik. Kabupaten Probolinggo memang berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Lumajang di mana Semeru berada.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo Anggit Hermanuadi mengatakan, hujan abu vulkanik melanda Kecamatan Kuripan, Bantaran, Leces, Tegalsiwalan, Dringu, Banyuanyar, Sumberasih, Wonomerto dan Sumber. "Iya, dilaporkan sembilan kecamatan terdampak hujan abu vulkanik. Saat ini sudah reda," kata Anggit saat dihubungi Kompas.com, Minggu (17/1).

Anggit menjelaskan, terjadi erupsi Gunung Semeru pada Sabtu (16/1) sore hari pukul 17.24 WIB, yang mengakibatkan hujan abu vulkanik di beberapa wilayah di Kabupaten Probolinggo pada pukul 17.40 WIB-21.08 WIB. Hingga kini, pihaknya mencari informasi dari media sosial dan petugas di wilayah mana saja yang terdampak.

Mahfud, warga Desa Sumbersuko, Kecamatan Dringu mengatakan, hujan abu juga menerpa rumahnya. Abu vulkanik sempat mengotori teras rumah dan kendaraannya. Abu vulkanik terlihat sangat jelas di atas kaca kendaraan.

Baca Juga: Viral video bantuan gempa dijarah, ini kata Mensos Risma

Abu vulkanik yang mengguyur desanya tidak begitu tebal, namun membuat mata perih. Dirinya dan warga pun mengenakan kacamata dan masker saat berkendara.

"Tidak begitu tebal abunya, tapi merata. Sekarang sudah reda hujan abunya. Kalau semalam cukup terasa. Kabupaten Probolinggo sepekan terakhir anginnya cukup kencang. Waktu hujan abu semalam abunya terbang ke mana-mana," ujar Mahfud.

Baca Juga: PVMBG: Satus Gunung Semeru masih dalam level waspada

Akibat angin cukup kencang di Kabupaten Probolinggo belakangan ini, membuat abu vulkanik Semeru meluas hingga ke Desa Kebonagung, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo. Sirajuddin, warga Desa Kebonagung, menyebut teras rumahnya dipenuhi abu berwarna putih yang diyakini abu vulkanik erupsi Semeru.

"Barusan sudah disapu. Abu vulkanik dibawa angin hingga ke sini. Sekarang sudah mendingan. Agak perih mata kena abu ini," tukas Sirajuddin.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul 9 Kecamatan di Probolinggo Diguyur Hujan Abu Vulkanik Semeru.
Penulis: Kontributor Probolinggo, Ahmad Faisol
Editor: Dony Aprian

Baca Juga: Gunung Semeru meletus, luncurkan awan panas hingga 4,5 km, masyarakat diminta waspada

Editor: Wahyu T.Rahmawati


Terbaru