Umum

Ada 189 formasi CPNS Kemenparekraf 2021, terbuka untuk lulusan D3 hingga S2

Rabu, 14 Juli 2021 | 08:59 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Ada 189 formasi CPNS Kemenparekraf 2021, terbuka untuk lulusan D3 hingga S2

ILUSTRASI. Ada 189 formasi CPNS Kemenparekraf 2021, terbuka untuk lulusan D3 hingga S2.

KONTAN.CO.ID -  Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf Baparekraf) turut membuka formasi di CPNS 2021 sebanyak 189 formasi. 

Bersumber dari Instagram @kemenparekraf.ri, rincian formasi yang dibutuhkan adalah 166 formasi umum, 4 formasi disabilitas, 1 formasi putra/putri Papua dan Pabua Barat, serta 18 formasi cumlaude atau lulusan baru. 

Ada sebanyak 18 Formasi jabatan yang dibutuhkan di lingkungan kerja Kemenparekarf/Baparekraf di seleksi CPNS tahun ini. Formasi jabatan di kementerian ini terbuka untuk lulusan D3 hingga S2 dari berbagai jurusan. 

Bagi Anda yang hendak mendaftar CPNS di Kemenparekraf 2021, berikut ini tata cara pendaftaran dan dokumen persyaratannya dirangkum dari laman Kemenparekraf

Baca Juga: Kemenhub buka 2.445 formasi CPNS tahun 2021, ada formasi untuk lulusan SMA

Tata cara pendaftaran dan dokumen persyaratan CPNS Kemenparekraf 2021

1. Pelamar dengan kualifikasi pendidikan Diploma (D3), Sarjana (S1)/Sarjana Terapan (D4), dan Magister (S2)

2. Dokumen persyaratan terdiri dari:

  • Surat lamaran ditujukan Kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Jakarta, diketik menggunakan komputer, bermeterai Rp 10.000, dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam. format surat lamaran dapat diunduh di laman SSCASN BKN. 
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat keterangan telah melakukan rekaman kependudukan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).
  • Ijazah dan Transkrip Nilai Ijazah pendidikan terakhir yang disahkan dan dilegalisir oleh pejabat yang berwenang: Rektor/Dekan/Ketua/Direktur, dan stempel basah (bukan stempel fotokopi), dan Ijazah dan Transkrip Nilai pendidikan D3/D4/S1 bagi pelamar kualifikasi pendidikan S2.
  • Surat keterangan dokter yang menerangkan jenis/tingkat disabilitasnya bagi pelamar formasi disabilitas. Format Surat Keterangan dapat diunduh di laman SSCASN BKN atau www.kemenparekraf.go.id.
  • Akta kelahiran atau Surat Keterangan Lahir dan Surat Keterangan dari Kepala Desa/Kepala Suku bagi pelamar formasi Putra/Putri Papua/Papua Barat. Format Surat Keterangan dapat diunduh di laman SSCASN BKN atau www.kemenparekraf.go.id.
  • Sertifikat TOEFL Paper minimal 450 (khusus formasi putra/putri Papua dan Papua Barat minimal 400) atau IELTS minima 4,5 (khusus formasi putra/putri Papua dan Papua Barat minimal 4) yang masih berlaku yang dipersyaratkan.
  • Pas foto berlatar belakang warna merah dengan ketentuan wajah terlihat jelas dan berpakaian formal.
  • Surat Pernyataan bermeterai Rp 10.000 dan ditandatangani oleh pelamar yang menyatakan:

1) Berkelakuan baik dan tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 tahun atau lebih.
2) Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, anggota TNI/POLRI, Pegawai BUMN/BUMD atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
3) Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil atau Pegawai Negeri Sipil, prajurit TNI, anggota Polri, dan siswa sekolah ikatan dinas Pemerintah.
4) Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.
5) Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan.

Baca Juga: Fotosintesis: Pengertian dan proses terjadinya fotosintesis pada tumbuhan

6) Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan jabatan yang dilamar.
7) Tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya (Surat Keterangan Bebas Narkoba/NAPZA dari Rumah Sakit Pemerintah setempat yang masih berlaku wajib dilengkapi setelah peserta dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir).
8) Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
9) Bersedia tidak mengajukan pindah dengan alasan pribadi paling singkat selama 10 tahun sejak diangkat sebagai PNS. Format surat pernyataan dapat diunduh dilaman : SSCASN BKN atau www.kemenparekraf.go.id.

3. Pendaftaran dan unggah dokumen persyaratan dilakukan secara online melalui laman https://sscasn.bkn.go.id dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP)/Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Keluarga (KK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK).

4. Seluruh dokumen persyaratan diunggah dalam format pdf (kecuali pas foto dalam format jpeg). Semua dokumen yang diunggah/upload agar dipastikan dapat terbaca dengan jelas dan tidak blur.

5. Batas waktu pendaftaran dan unggah dokumen persyaratan pelamaran dimulai pada tanggal 2 Juli 2021 hingga 21 Juli 2021.

6. Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi dapat mencetak kartu peserta ujian secara online melalui laman : https://sscasn.bkn.go.id dimulai pada tanggal 29 Juli 2021 hingga 16 Agustus 2021. 

Informasi lengkap tentang seleksi CPNS 2021 di Kemenparekraf/Baparekraf bisa Anda lihat di https://www.kemenparekraf.go.id/

Selanjutnya: Anak bisa dapat vaksin Covid, ini syarat & cara daftarnya buat warga Jakarta

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru