kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45693,66   -36,09   -4.95%
  • EMAS946.000 -1,77%
  • RD.SAHAM -0.69%
  • RD.CAMPURAN -0.34%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Ada Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Tol Bali Mandara


Jumat, 31 Januari 2020 / 06:18 WIB
Ada Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Tol Bali Mandara
ILUSTRASI. Petugas mengisi daya mobil listrik saat peluncuran Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di kawasan Jalan Tol Bali Mandara, Denpasar, Bali, Selasa (28/1/2020). SPKLU di kawasan jalan tol yang pertama di Indonesia tersebut diharapkan dapat memfa

Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Jasamarga Bali Tol (JBT) bersama PT PLN (Persero) dan PT Opinteh Djojo Indo meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Pool Ruas PT JBT, Selasa (28/01).

Direktur Utama PT JBT Enkky Sasono mengatakan, Keberadaan SPKLU ini turut mendukung penerapan teknologi ramah lingkungan serta konsep Green Toll Road yang dicetuskan Jasa Marga. Menurut Enkky, fasilitas SPKLU memang baru tersedia satu unit.

Baca Juga: Hyundai Motor Company Bangun Pabrik Mobil Listrik

Namun ke depan, ia berharap, SPKLU lainnya bisa terbangun di semua area pintu masuk Jalan Tol Bali Mandara.

“Jadi, ke depan kita lihat dahulu penetrasi mobil listrik di Bali seperti apa,” kata Enkky dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (30/1).

Menurut Enkky, ekosistem mobil listrik, khususnya di Bali saat inu memang belum berkembang secara signifikan.

Akan tetapi langkah untuk membangun SPKLU disebut merupakan penerapan terhadap Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan.

Baca Juga: Hyundai Motor realisasikan investasi US$ 1,5 miliar di Indonesia mulai Maret 2020

Regulasi lainnya adalah Peraturan Gubernur (Pergub) Bali Nomor 45 Tahun 2019 tentang Bali Energi Bersih dan Pergub Bali Nomor 48 Tahun 2019 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai.

"Ini adalah sebuah langkah awal dalam mendukung apa yang telah ditetapkan oleh Pemerintah, baik itu Pemerintah Pusat ataupun Pemerintah Daerah,” ujar Enkky.

Selain memasang SPKLU, PT JBT juga akan mengembangkan sumber energi baru lainnya untuk transportasi yang ramah lingkungan, seperti energi sel surya atau matahari.

Baca Juga: Ini Daftar Kota yang Akan Memiliki Charging Station untuk Mobil Listrik

Untuk itu, Enkky menuturkan, pihaknya telah melakukan serangkaian riset dan inovasi. Rencananya, PT JBT akan menggunakan teknologi sel surya di sepanjang jalur motor di Jalan Tol Bali Mandara.

Selain menyediakan listrik teknologi ini juga dapat melindungi pengguna motor dari terpaan angin. (Rosiana Haryanti)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Stasiun Pengisian Bahan Bakar Listrik Tersedia di Tol Bali Mandara",




TERBARU

Close [X]
×