kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Akibat angin kencang di dataran tinggi Dieng, sebanyak 1.092 rumah dan 11 SD rusak


Selasa, 22 Oktober 2019 / 14:46 WIB
Akibat angin kencang di dataran tinggi Dieng, sebanyak 1.092 rumah dan 11 SD rusak
ILUSTRASI. Sejumlah petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat memantau cuaca di kantor BPBD Jabar, Soekarno Hatta, Bandung, Jawa Barat, Senin (5/3). Menurut data infografis BPBD Jabar sepanjang bulan Februari 2018 telah terjadi sedikitny

Reporter: Handoyo | Editor: Yoyok

KONTAN.CO.ID - BANJARNEGARA. Angin kencang yang melanda kawasan dataran tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Minggu (20/10) malam, menyebabkan sedikitnya 1.092 rumah rusak. 

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara Arief Rahman mengatakan, rumah rusak tersebar di sembilan desa, yaitu delapan desa di Kecamatan Batur dan Desa Gembol, Kecamatan Pejawaran. 

"Rumah rusak berat bagian atap sebanyak 202 unit, kemudian rumah rusak sedang bagian atap sebanyak 510 unit dan rumah rusak ringan sebanyak 382 unit. Sedangkan di Desa Gembol ada 15 rumah yang rusak," kata Arief, saat dihubungi, Selasa (22/10). 

Baca Juga: Gerak semu matahari menjadi penyebab tingginya suhu di sejumlah wilayah Indonesia

Selain itu, kata Arief, 11 sekolah dasar (SD) dan Pasar Batur juga dilaporkan rusak. Kerusakan rata-rata pada bagian atap bangunan. "Pendataan terdampak angin kencang akan dilanjutkan oleh PMI (Palang Merah Indonesia) dan dibantu pemerintah desa," ujar Arief. 

Diberitakan sebelumnya, angin kencang menyebabkan sejumlah pohon tumbang. Sebuah mobil di jalur Batur-Batang juga dilaporkan sempat terjebak akibat pohon tumbang Senin (21/10) pagi. 

Pohon tumbang juga mengakibatkan sejumlah fasilitas di tempat wisata rusak. Akses jalan menuju Kawah Sikidang sempat tertutup pohon yang melintang di jalan. Tempat penampungan pendakian Gunung Prau dan mushala juga dilaporkan rusak. 

Baca Juga: Tanpa hujan, angin kencang menerjang Puncak Bogor secara tiba-tiba

Selain itu, kompleks wisata Telaga Warna juga berpotensi rusak karena terdapat banyak pohon-pohon besar. (Fadlan Mukhtar Zain)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Angin Kencang di Dataran Tinggi Dieng, 1.092 Rumah dan 11 SD Rusak"



Video Pilihan

TERBARU

×