Aksi tanam cabai DKI Jakarta bersistem bagi hasil

Rabu, 01 Februari 2017 | 17:44 WIB Sumber: Kompas.com
Aksi tanam cabai DKI Jakarta bersistem bagi hasil


JAKARTA. Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP) DKI Jakarta, pada pekan ini akan mulai menanam pohon cabai di lahan seluas 2,5 hektare milik Pemprov DKI di Desa Ciangir, Kabupaten Tangerang, Banten. 

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Darjamuni mengatakan, penanaman cabai ini melibatkan 20 petani dari dua kelompok tani di Ciangir. Darjamuni menambahkan, untuk tahap awal, Dinas KPKP akan menanam 18.000 batang pohon cabai di 2,5 ha lahan dari 30 ha lahan yang tersedia. 

Adapun cabai yang ditanam ialah cabai merah besar, cabai keriting, cabai rawit besar, dan cabai rawit kecil.  "Jadi  dua kelompok tani itu kelibatannya 20 orang tahap pertama, kami akan tanam 2,5 ha karena tanahnya 100 ha, tapi berupa daratan hanya 30 ha. Tanaman mulai minggu ini kami akan tanam sekitar 18.000 pohon," ujar Darjamuni, Rabu (1/2). 

Pemprov DKI dan para petani akan bagi hasil penanaman cabai tersebut. Darjamuni berencana menawarkan bagi hasil 60:40 atau 50:50 dengan petani.  Selain di Ciangir, pekan lalu Dinas KPKP juga telah menanam 1.000 batang pohon cabai di atas lahan seluas 1 hektar di daerah Cibubur. 

"Seluruhnya lahan kosong yang dimiliki Pemprov DKI 64 ha. Kami komitmen 10% dari luas lahan kami tanam benih," ujar Darjamuni.

(David Oliver)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru