Peristiwa

Angkutan motor gratis Lebaran 2020, PT KAI sediakan kuota 19.136 motor

Jumat, 06 Maret 2020 | 12:57 WIB Sumber: Kompas.com
Angkutan motor gratis Lebaran 2020, PT KAI sediakan kuota 19.136 motor

ILUSTRASI. Petugas membungkusmotor yang akan dikirim menggunakan kereta api dengan tujuan kota-kota di Jawa Tengah, Kampung Bandan Jakarta, Senin (19/6).

KONTAN.CO.ID - MADIUN. PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyediakan layanan angkut gratis untuk 19.136 sepeda motor hingga stasiun terdekat bagi pemudik Lebaran 2020.  Syaratnya, calon pemudik harus mendaftar secara daring atau mendatangi stasiun persinggahan angkut motor gratis (motis).

Manager Humas PT KAI Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko mengatakan layanan itu dilaksanakan pada 16 hingga 22 Mei 2020 untuk arus mudik. Sedangkan untuk arus balik, pada 27 Mei hingga 1 Juni 2020.

Setiap hari, PT KAI akan mengangkut 1.472 sepeda motor. “Kapasitas naik 5,7 persen dari kegiatan tahun sebelumnya yaitu sebanyak 18.096 unit,” ujar Ixfan kepada Kompas.com, Jumat (6/3).

Baca Juga: Kereta Api Indonesia menyediakan 233.464 tiket per hari untuk akomodasi lebaran 2020

Pendaftaran secara daring dilakukan pada 26 Februari hingga 14 Mei 2020.  Pendaftaran juga bisa dilakukan secara langsung di posko motis yang ada di Stasiun Jakarta Gudang, Bekasi, Jatinegara, Kemayoran, Cikarang, Tangerang, Cimahi, dan Kiaracondong. "Waktu pendaftaran mulai 16 Mei -31 Mei 2020 di semua stasiun persinggahan Motis," jelas Ixfan.

Secara nasional KAI menyediakan total 62.540 tempat duduk khusus bagi pendaftar angkutan motis yang tersebar pada 24 kereta api. Jumlah tersebut naik 7,6% dari 2019 yaitu sebanyak 58.088 tempat duduk. "Tiket KA penumpang untuk angkutan motor gratis tidak dapat dilakukan perubahan jadwal maupun dibatalkan," kata Ixfan.

Dia menjelaskan, terdapat tiga relasi yang dilayani KAI untuk Angkutan Motis 2020. Untuk Lintas Utara yakni Stasiun Jakarta Gudang – Stasiun Surabaya Pasarturi, Stasiun Jakarta Gudang, Cikarang, Cirebon Prujakan, Tegal, Pekalongan, Semarang Tawang, Ngrombo, Cepu, Bojonegoro, Babat, Surabaya Pasarturi.

Baca Juga: Jangan sampai kehabisan, tiket kereta Lebaran bisa dipesan mulai 14 Februari 2020

Sementara Lintas Selatan I yakni Stasiun Jakarta Gudang – Stasiun Kutoarjo Stasiun Jakarta Gudang, Cikarang, Cimahi, Kiaracondong, Sidareja, Kroya, Gombong, Kebumen, Kutoarjo. Sedangkan Lintas Selatan II yaitu Stasiun Jakarta Gudang – Stasiun Surabaya Pasarturi, Stasiun Jakarta Gudang, Cikarang, Cirebon Prujakan, Purwokerto, Kroya, Kutoarjo, Lempuyangan, Klaten, Purwosari, Madiun, Kertosono, Jombang, Mojokerto, Surabaya Pasarturi.

Ixfan menambahkan KA penumpang yang mendukung angkutan tiket peserta motis dan melintas di stasiun wilayah Daop 7 Madiun, di antaranya adalah Matarmaja (Pasar Senen – Malang), Brantas (Pasar Senen – Blitar), Kahuripan (Kiaracondong – Blitar), Pasundan (Kiaracondong – Surabaya Gubeng), Gaya Baru Malam Selatan (Pasar Senen – Surabaya Gubeng), Matarmaja Lebaran (Pasar Senen – Malang).

Baca Juga: Jalan tol Trans Sumatera permudah pemudik pulang kampung

Kemudian, Pasundan Lebaran (Kiaracondong – Surabaya Gubeng), Singasari (Pasar Senen – Blitar), Majapahit (Pasar Senen – Malang), Logawa (Purwokerto – Jember), Jayakarta (Jakarta Kota – Surabaya Gubeng).  “Angkutan Motis ini sebagai upaya mengurangi kepadatan dan kecelakaan di jalan raya pada saat Angkutan Lebaran 2020,” jelas Ixfan. (Muhlis Al Alawi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Angkutan Motor Gratis Lebaran 2020, PT KAI Sediakan Kuota untuk 19.136 Motor.

Editor: Wahyu T.Rahmawati


Terbaru