Aqua Galakkan Program TJSL Selama Bulan Ramadan

Sabtu, 06 April 2024 | 23:17 WIB   Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk
 Aqua Galakkan Program TJSL Selama Bulan Ramadan

ILUSTRASI. Pengiriman air minum dalam kemasan (AMDK) galon?pada sebuah mini market di Kebayoran Lama, Jakarta, Kamis (4/4/2024).


INDUSTRI AIR MINUM - JAKARTA. Bulan Ramadan 2024 merupakan momentum yang dimanfaatkan banyak perusahaan untuk menggalakkan program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) lewat kegitan berbagi.

Aqua misalnya, menjalankan berbagai kegiatan bersama sejumlah mitra dan organisasi. Diantaranya menggelar kegiatan edukasi terkait pentingnya pemenuhan hidrasi sehat saat berpuasa, meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan,serta  berbagi donasi kepada masyarakat terdampak bencana alam dan juga untuk Palestina. 

Vera Galuh Sugijanto, VP General Secretary Danone Indonesia mengatakan, pihaknya menjadi i mitra masjid-masjid di Indonesia dalam pemenuhan hidrasi melalui produk yang berkualitas, mengirimkan bantuan terkait keperluan Ramadan dan bencana alam, serta membangun sarana air bersih dan sanitasi di sembilan pesantren serta satu kantor pengurus cabang Nahdlatul Ulama. 

“Kegiatan tersebut terselenggara sejak 16 Maret hingga 7 April 2024. Berbagai inisiatif ini diperkirakan melibat lebih dari 700,000 masyarakay,” kata dia dalam keterangan resminya, Sabtu (6/4).

Baca Juga: Mudik Asyik Bersama BUMN 2024, Pupuk Indonesia Grup Berangkatkan 1.446 Pemudik

Selain itu, Aqua  bekerja sama dengan sejumlah komunitas muslim menyelenggarakan kegiatan safari Ramadan Aquadi 50 masjid dan 69 pesantren yang tersebar di enam provinsi yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Aceh, dan Sumatera Utara. Aqua juga menjadi mitra pemenuhan hidrasi masjid dalam berbagai acara buka puasa dan telah menyalurkan lebih dari 1 juta botol sepanjang Ramadan. 

Vera menambahkan, pihaknya juga turut berpartisipasi dalam pasar sembako murah untuk memenuhi kebutuhan pangan yang murah dan berkualitas bekerja sama dengan MCMI dan Yayasan Alma untuk menyalurkan lebih dari 17.000 paket sembako. 

Sementara untuk membantu meningkatkan kepedulian masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan pada lingkup keagamaan, Aqua menyerahkan mobil pengangkut sampah kepada pengurus Masjid Istiqlal.

Bukhori Sail Attahiri, Kepala Bidang Peribadatan Masjid Istiqlal, menyampaikan program pengolahan sampah kolaborasi dengan Aqua tersebut akan memperlancar proses pembuangan limbah sehinga sampah dapat terkelola dengan baik, terlebih produksi sampah di Masjid Istiqlal bisa mencapai 2 truk dalam sehari. 

Baca Juga: Masyarakat Mulai Mudik, Konsumsi BBM Melonjak

Dia berharap apa yang dilakukan Masjid Istiqlal dapat dicontoh seluruh masjid yang ada di Indonesia. ”Kami berharap program ini dapat diikuti oleh masjid-masjid lain atau pihak swasta maupun pemerintah. Kita dapat semakin mempererat dan mengembangkan kerja sama yang baik ke depannya,” ujar Bukhori.

Adapun penyaluran bantuan ke Palestina, Aqua bekerja sama dengan sejumlah mitra di Sumatera Barat, termasuk Badan Amil Zakat Nasional. “Hingga saat ini, total donasi untuk Palestina dari Aqua mencapai lebih dari Rp 4 miliar.” pungías Vera.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dina Hutauruk

Terbaru