Bandara Jenderal Soedirman Purbalingga akan mulai dibangun Januari 2019

Senin, 24 Desember 2018 | 22:05 WIB Sumber: TribunNews.com
Bandara Jenderal Soedirman Purbalingga akan mulai dibangun Januari 2019


PROYEK INFRASTRUKTUR - PURBALINGGA. Pembangunan Bandara Jenderal Besar Soedirman (BJBS) di Purbalingga akan dilakukan pada Januari 2019.

Ini diungkapkan Tim Angkasa Pura (AP) II yang dipimpin oleh Deny Krisnowibowo, Direksi AP II, dan Agus Haryadi, Corporate Secretary and Legal AP II saat berkunjung ke Purbalingga di pringgitan rumah jabatan Bupati Purbalingga, Sabtu (23/12) lalu.


Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Purbalingga, Sridadi mengatakan, pertemuan bersama Pemerintah Kabupaten Purbalingga itu membicarakan pembangunan fisik BJBS yang akan segera dilakukan pada Januari 2019.

Awal pembangunan fisik itu ditandai dengan pembangunan kantor proyek. Adapun kegiatan pembangunan lainnya akan berjalan paralel.

Pembangunan sisi darat berupa sarana penunjang Bandara rencananya akan dimulai akhir Februari 2019.

"Dari pembicaraan antara Pemkab Purbalingga dan AP II, Target dari AP II akhir 2019 pembangunan tahap I diharapkan selesai dan bisa mulai operasional," kata Sridadi.

Sebagaimana diketahui, pembangunan BJBS sebagai bandara komersial telah disetujui oleh Presiden Joko Widodo saat kunjungan ke Purbalingga pada 23 April 2018 lalu.

Bandara akan dibangun dengan landas pacu sepanjang 2.500 meter x 30 meter.

Namun, untuk tahap pertama, landas pacu akan dibuat sepanjang 1.600 meter x 30 meter.

Data dari Dinas Perhubungan (Dinhub) Purbalingga, dengan luas demikian, bandara mampu melayani pesawat jenis ATR-72.

Adapun terminal seluas 3.000 meter persegi yang direncanakan pembangunannya akan mampu menampung 300.000 penumpang per tahunnya.

Pembangunan BJBS menjadi bandara komersil diharapkan menjadi penopang aktivitas ekonomi di Provinsi Jawa Tengah bagian barat dan selatan.

Bandara ini diharapkan mampu mendorong perekonomian daerah-daerah di sekitar Purbalingga, yakni Banjarnegara, Kebumen, Purwokerto, Pemalang, Tegal, Brebes, dan Wonosobo.


Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com berjudul: Pembangunan Fisik Bandara Jenderal Soedirman Purbalingga Dimulai Januari 2019

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru