Banjir rendam puluhan rumah di Sukabumi Selatan

Kamis, 09 Februari 2017 | 20:41 WIB Sumber: Kompas.com
Banjir rendam puluhan rumah di Sukabumi Selatan


SUKABUMI. Banjir merendam puluhan rumah dan areal pertanian di Kampung Bantarpanjang, Desa Mandrajaya Kecamatan Ciemas, Kamis (9/2) sekitar pukul 14.00 WIB. Ini akibat hujan yang terus mengguyur Sukabumi, Jawa Barat, dalam beberapa hari terakhir ini. 

Banjir yang terjadi, di antaranya akibat sungai di sekitar permukiman meluap. Tidak dilaporkan adanya korban jiwa dalam bencana ini. Hanya saja aktivitas warga setempat terhambat.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi menyebutkan, banjir dengan ketinggian bervariasi hingga mencapai 1 meter merendam puluhan rumah.

"Pendataan sementara ada sebanyak 125 jiwa yang terdampak akibat banjir," kata Koordinator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Kabupaten Sukabumi Yana Suryana, Kamis petang (9/2).

Menurut dia, seluruh unsur aparat Muspika Ciemas dan aparat desa setempat warga serta relawan BPBD di wilayah Kecamatan Ciemas sudah langsung bergerak untuk memberikan bantuan. "Hingga petang ini air sudah surut, warga dibantu aparat pemerintah sedang membersihkan rumah-rumahnya," ujar dia.

Selain banjir, hingga petang ini pihaknya kembali mendapatkan laporan bencana angin kencang yang mengakibatkan pohon tumbang menimpa sebuah rumah. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa yang terjadi sekitar pukul 14.30 WIB tersebut. "Rumahnya dihuni enam jiwa dan untuk sementara diungsikan ke tempat yang aman," kata Yana.

Dia menambahkan, hari ini juga terjadi bencana longsor hingga menimpa jalan sepanjang 15 meter di Kampung Cijambe RT 23 RW 11 Desa/Kecamatan Lengkong. "Material longsor sudah langsung dibersihkan secara gotongroyong bersama warga," tambahnya.

(Budiyanto)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru