Banjir surut, waspada dengan hal berikut

Senin, 09 Februari 2015 | 21:13 WIB Sumber: Kompas.com
Banjir surut, waspada dengan hal berikut

Direktur Utama Bank BRI Sunarso saat pemaparan kinerja Bank Rakyat Indonesia.


JAKARTA. Banjir di beberapa wilayah di Jabodetabek mulai surut. Meski demikian, ada ancaman lain yang menunggu setelah banjir mulai surut, yaitu sisa-sisa air dan genangan beserta barang-barang yang berada di jalan. 

Kepala Bidang Informasi Meteorologi Publik Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) A Fachri Radjab menyebutkan, genangan dan sisa-sisa air yang masuk di dalam barang-barang seperti kaleng dan botol maupun gelas plastik bisa jadi tempat jentik nyamuk yang merupakan sumber penyakit. 

"Setelah banjir, biasanya banyak genangan air di kaleng dan pot, hati-hati bisa jadi tempat penyakit, itu juga tempat jentik nyamuk," kata Fachri kepada Kompas.com, Senin (9/2).

Fachri menambahkan, masyarakat yang mengalami banjir di sekitar rumahnya juga harus selalu memperhatikan barang-barang di sekitar. 

Jika terdapat genangan air pada barang-barang yang telah disebutkan tadi, disarankan untuk segera dibersihkan dan airnya dibuang ke saluran terdekat. 

Selain itu, masyarakat juga diminta agar dapat selalu mencari tahu soal informasi terkait hujan dan lokasi-lokasi terdampak banjir. 

Besok, Selasa (10/2), tepatnya dari dini hari, diramalkan akan turun hujan cukup lebat sampai pada pagi hari sekitar pukul 06.00 WIB. 

Setelah itu, hujan diperkirakan masih akan terjadi dengan intensitas ringan hingga sedang sampai siang hari. (Andri Donnal Putera)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru