Bantuan sosial tunai (BTS) Jakarta Rp 600 ribu cair minggu ketiga bulan Juli,

Rabu, 14 Juli 2021 | 08:00 WIB   Reporter: Yudho Winarto
Bantuan sosial tunai (BTS) Jakarta Rp 600 ribu cair minggu ketiga bulan Juli,

ILUSTRASI. Seorang warga memperlihatkan uang yang diterimanya saat pencairan Bantuan Sosial Tunai (BST)


BANSOS - JAKARTA. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mencairkan bantuan sosial tunai (BST) bulan Mei dan Juni dalam satu waktu sekaligus sehingga besaran dana yang didapat masing-masing penerima adalah Rp 600.000.

"Dana BST akan langsung dikirim ke rekening penerima sekitar minggu ke-3 bulan Juli 2021," tulis laman corona.jakarta.go.id.

Lebih lanjut dituliskan bahwa BST ini diperuntukkan bagi masyarakat terdampak Covid-19 untuk memenuhi kebutuhan dasar.

Perlu diketahui, penerima BST harus terdaftar sebagai penerima bantuan sosial sembako tahun 2020 hasil pembaruan dan pemadanan data Disdukcapil DKI Jakarta.

Baca Juga: Buka link cekbansos.kemensos.go.id untuk cek penerima bansos uang tunai & beras 10 kg

Selain itu, penerima tidak termasuk dalam penerima bantuan sosial program keluarga harapan (PKH) dan/atau bantuan pangan non-tunai (BPNT).

Untuk mengecek apakah Anda termasuk penerima BST Pemprov DKI Jakarta, silahkan kunjungi link https://corona.jakarta.go.id/id/informasi-bantuan-sosial kemudian masukkan nomor kartu keluarga (KK) dalam kotak yang tersedia.

Tercatat 1.007.379 KK terdaftar sebagai penerima BST Pemprov DKI Jakarta. Penerima BST terbanyak tercatat di Jakarta Timur yakni 497.490 KK, disusul Jakarta Utara dengan 210.344 KK, Jakarta Selatan dengan 160.733 KK, Jakarta Barat 79.346 KK, Jakarta Pusat 55.346 KK, dan 4.120 KK di Kepulauan Seribu.

Mekanisme penyaluran BST Sumber BST terbagi menjadi dua, yaitu BST dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta dan dari Kementerian Sosial (APBN). Bentuk penyaluran bantuan ini pun berbeda tergantung sumbernya.

Baca Juga: Selain uang, penerima bansos tunai juga dapat beras, cek di cekbansos.kemensos.go.id

Dana yang bersumber dari APBD DKI akan disalurkan melalui rekening Bank DKI. Sementara itu, dana BST yang bersumber dari APBN akan disalurkan melalui PT Pos Indonesia.

Pemprov DKI Jakarta menyiapkan anggaran sebesar Rp 623 miliar untuk penyaluran BST tahap 5 dan 6. Anggaran tersebut diambil dari pergeseran anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT) dan anggaran operasional Dinas Pendidikan DKI Jakarta. (Ivany Atina Arbi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bansos Jakarta Rp 600.000 Cair Juli: Ini Cara Cek Penerima dan Mekanisme Penyaluran"

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru