Jabodetabek

Bawaslu Akan Awasi Debat Perdana Cagub-Cawagub Jakarta

Kamis, 03 Oktober 2024 | 18:30 WIB   Reporter: kompas.com
Bawaslu Akan Awasi Debat Perdana Cagub-Cawagub Jakarta

ILUSTRASI. Jalan MH Thamrin Beroperasi Kembali ----- Kendaraan bermotor meintas di depan gedung Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Jalan MH. Thamrin, Jakarta, Selasa (28/5). Bawaslu Jakarta akan mengawasi debat perdana pasangan cagub dan cawagub dalam Pilkada 2024.


PILKADA - JAKARTA. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jakarta akan mengawasi debat perdana pasangan calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024. 

"Nah, tentu dalam debat, kami sebagai pengawas pemilu, punya tugas mengawasi tahapan pemilihan, termasuk dalam tahapan debat ini," ujar Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Jakarta, Benny Sabdo, saat dihubungi Kompas.com, Kamis (3/10/2024). 

Pengawasan debat dilakukan karena kegiatan itu dianggap sebagai salah satu metode kampanye, di mana ada penyampaian visi, misi, dan program dari para kandidat. 

"Nah, debat ini kami harapkan menjadi panggung yang positif. Artinya, masing-masing kandidat bisa menyampaikan visi, misi, dan program secara terbuka," kata Benny. 

Dengan begitu, setiap kandidat, yakni Ridwan Kamil-Suswono, Pramono Anung-Rano Karno, dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana, diingatkan agar tidak menyerang pribadi dalam debat.

Baca Juga: Pilkada Jakarta Ketat, RK – Suswono Unggul 48,3% Versi Charta Politica

"Menyerang secara personal itu dilarang. Dalam etika debat, itu tidak boleh. Maka kami mengimbau kandidat untuk menyampaikan visi dan misi secara terbuka," ucap Benny. 

Adapun KPU Jakarta telah menetapkan tema debat perdana Pilkada 2024 yang digelar pada Minggu, 6 Oktober 2024. 

Debat Pilkada Jakarta 2024 diselenggarakan di JIExpo Convention Centre, Pademangan, Jakarta Utara, dimulai pukul 19.00 WIB. 

Debat perdana Pilkada Jakarta 2024 nanti mengangkat tema tentang sumber daya manusia (SDM) dan Jakarta yang tak lagi jadi ibu kota. 

Tema itu dipilih untuk mengetahui visi dan misi dari masing-masing cagub dan cawagub dalam mengembangkan Jakarta selama lima tahun ke depan, setelah tak lagi menjadi ibu kota. 

Nantinya, akan ada tujuh orang panelis dari berbagai disiplin ilmu yang akan menyusun pertanyaan terkait tema debat pertama cagub-cawagub.

Baca Juga: Debat Pertama Pilkada Jakarta 2024 Bakal Digelar di Jiexpo Kemayoran

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bawaslu Akan Awasi Debat Perdana Cagub-Cawagub Jakarta", Klik untuk baca: https://megapolitan.kompas.com/read/2024/10/03/17213471/bawaslu-akan-awasi-debat-perdana-cagub-cawagub-jakarta.

Selanjutnya: Michelin Luncurkan Ban Michelin Power 6 dan Michelin City Grip 2

Menarik Dibaca: Kenapa Setiap Orang Dilarang Merokok di Pesawat?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru