Peristiwa

Pilkada Jakarta Ketat, RK – Suswono Unggul 48,3% Versi Charta Politica

Kamis, 03 Oktober 2024 | 17:22 WIB   Reporter: Arif Ferdianto
Pilkada Jakarta Ketat, RK – Suswono Unggul 48,3% Versi Charta Politica

ILUSTRASI. Charta Politika Indonesia mengungkap pasangan Calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil – Suswono unggul dengan elektabilitas 48,3%. ANTARA FOTO/Fauzan/YU


PILKADA - JAKARTA. Lembaga Survei Charta Politika Indonesia mengungkap pasangan Calon Gubernur Daerah Khusus (DK) Jakarta nomor urut 1 yakni Ridwan Kamil – Suswono unggul dengan elektabilitas mencapai 48,3%.

Direktur Eksekutif Charta Politika  Indonesia, Yunarto Wijaya menjelaskan bahwa RK – Suswono unggul 11,8% di atas suara elektabilitas pasangan nomor urut 3 yakni Pramono Anung – Rano Karno dengan perolehan elektabilitas sebesar 36,5%.

“Kalau kita lihat ada Kang Emil yang masih memimpin dengan Suswono di angka 48,3%. Lalu kemudian Pramono Anung Wibowo - Rano Doel Karno atau Mas Pram dan Bang Dul di angka 36,5% jadi selisih sekitar 11% lebih ya tak sampai 12%,” ujarnya dalam rilis survei DK Jakarta ‘Mengukuru Jagoan Elektoral di Pilkada Jakarta, Kamis (3/10).

Baca Juga: Debat Pertama Pilkada Jakarta 2024 Bakal Digelar di Jiexpo Kemayoran

Sementara itu, pasangan Cagub - Cawagub nomor urut 2 yakni Dharma Pongrekun – Raden Kun Wardana Abyoto dengan perolehan elektabilitas sebesar 5,6%. Sementara itu, responden yang belum menentukan pilihan (undecided voters) mencapai 9,7%.

Dengan demikian, Yunarto menyebut bahwa Pilkada Jakarta akan berlangsung sengit. Pasalnya, hingga saat ini belum terdapat pasangan calon yang elektabilitasnya memenuhi ketentuan angka 50%+1% untuk dapat melenggang lewat satu putaran.

“Jadi bisa terlihat, sepertinya ada pertarungan yang cukup ketat. Karena ternyata paling tidak ada 2 pasang yang memang kita lihat trennya paling tidak punya peluang di sisa waktu 52 hari untuk mendapatkan angka treshold pemenangan 1 putaran,” imbuhnya.

Baca Juga: Ridwan Kamil Ajak Pensiunan Penjabat PNS untuk Ikut Urus Jakarta

Sebagai informasi, Survei Charta Politica itu dilakukan pada 19 hingga 24 September 2024. Di mana, populasi survei sebanyak 1.200 responden. Sedangkan survei dilakukan melalui wawancara tatap muka.

Adapun, metode survei yang digunakan yakni multistage random sampling dengan margin of eror kurang lebih sebesar 2,83%. 

Selanjutnya: Catat 5 Obat Sinusitis Alami yang Ampuh dan Aman Dikonsumsi

Menarik Dibaca: Bunga Deposito Bank UOB di Bulan Oktober 2024, Tertinggi 3,50%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru