BBM Premium akan dihapus, ini daerah yang akan jadi pilot project

Minggu, 15 November 2020 | 06:53 WIB Sumber: Kompas.com
BBM Premium akan dihapus, ini daerah yang akan jadi pilot project

ILUSTRASI. BBM Premium akan dihapus, ini daerah yang akan jadi pilot project. KONTAN/Fransiskus Simbolon


BBM -  JAKARTA. Pemerintah semakin matang menjalankan kebijakan menghapus bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium. Pemerintah menyebut BBM Premium akan dihapus sejalan dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 20 Tahun 2017 mengenai batasan Research Octane Number (RON).

Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan MR Karliansyah mengatakan BBM Premium akan dihapus oleh PT Pertamina pada 1 Januari 2021.

Rencananya, BBM Premium akan dihapus dari wilayah Pulau Jawa, Madura, dan Bali (Jamali). "Syukur alhamdulillah pada Senin lalu saya bertemu dengan Direktur Operasional Pertamina, beliau menyampaikan per 1 Januari 2021, BBM Premium akan dihapus di Jamali," katanya dalam sebuah diskusi virtual, Jumat (13/11/2020).

Lebih lanjut, Karliansyah menyebutkan, selanjutnya BBM Premium akan dihapus ke berbagai wilayah lainnya. BBM Premium akan dihapus merupakan langkah pemerintah untuk menekan angka konsumsi BBM dengan nomor oktan 88 itu.

Baca juga: Lelang mobil sitaan pajak, ada 5 unit, harga mulai Rp 39 juta

Pasalnya, berdasarkan data KLHK, Premium masih mendominasi konsumsi bensin di masyarakat. "Premium masih mendominasi 55 persen penjualan bensin," kata Karliansyah.

Untuk mendukung rencana tersebut, Karliansyah mendorong produsen BBM untuk menyiapkan kilang produksi bensin dengan nomor oktan di atas 91.

"Sebaliknya, konsumen juga didorong untuk memilih bahan bakar yang lebih ramah lingkungan meskipun dengan harga yang lebih mahal dibandingkan bahan bakar yang lebih kotor," ucapnya. (Rully R. Ramli)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "KLHK Sebut Pertamina Akan Hapus Premium mulai 1 Januari 2021",

Selanjutnya: Di Bekasi, lelang rumah harga pembukaan hanya Rp 100-an juta

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru