kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45700,06   2,33   0.33%
  • EMAS938.000 -0,85%
  • RD.SAHAM -0.69%
  • RD.CAMPURAN -0.34%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Begini desain skybridge penghubung stasiun MRT ASEAN dengan halte Transjakarta CSW


Rabu, 22 Januari 2020 / 15:38 WIB
Begini desain skybridge penghubung stasiun MRT ASEAN dengan halte Transjakarta CSW
ILUSTRASI. Skybridge halte MRT ASEAN dengan Transjakarta Koridor 13

Sumber: Kompas.com | Editor: Herlina Kartika

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pembangunan jembatan layang (kybridge) untuk mengintegrasikan Halte Transjakarta CSW di Koridor 13 dengan Stasiun MRT ASEAN telah dicanangkan pada Rabu (22/1) ini. 

Skybridge itu rencananya akan mulai digunakan pada Agustus 2020, setelah pembangunan fase satu selesai. Namun, pembangunan seluruhnya ditargetkan rampung akhir 2020. 

"Fase satu itu akan menghubungkan kedua stasiun ini dengan sebuah bentuk setengah lingkaran. Namun pekerjaan total dilakukan sampai dua fase. Kami upayakan di Desember 2020," kata Direktur Utama PT Transjakarta Agung Wicaksono di Stasiun MRT ASEAN, Jakarta Selatan, Rabu (22/1). 

Baca Juga: Hore, stasiun MRT ASEAN-halte Transjakarta CSW akan terintegrasi dengan skybridge

Desain skybridge yang akan direalisasikan merupakan hasil sayembara yang digelar pada 2019. Desainnya berbentuk lingkaran yang akan dibangun sejajar dengan lantai sirkulasi penumpang MRT atau di lantai dua. 

Skybridge itu rencananya dibangun lima lantai. PT Transjakarta akan membangun halte baru untuk transjakarta Koridor 1 Blok M-Kota di lantai satu yang sejajar dengan permukaan tanah. 

Kemudian, lantai dua merupakan jembatan penghubung dari Stasiun MRT ASEAN menuju bangunan yang akan dibangun persis di bawah jalan layang khusus transjakarta Koridor 13. 

"Lantai dua dan tiga area komersial, ada kios, retail. Nanti berperan sebagai non-farebox business atau pendapatan non-tiket bagi Transjakarta," kata Agung. 
Sementara itu, lantai empat merupakan akses menuju Halte Transjakarta CSW yang berada di jalan layang Koridor 13. Terakhir, lantai lima merupakan halte CSW itu sendiri. 

Setiap lantai nantinya bisa diakses menggunakan eskalator. 

Baca Juga: LRT Jakarta berbayar mulai Desember, Bank DKI siap dukung sistem pembayarannya

"Sekarang kita lihat pakai tangga kalau mau naik ke halte tersebut, nantinya akan ada eskalator. Jadinya akan memudahkan bagi kita semua," ucap Agung. (Nursita Sari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Begini Desain Skybridge Penghubung Stasiun MRT ASEAN-Halte Transjakarta CSW"




TERBARU

Close [X]
×