Bersih-bersih pantai di Sukabumi raih rekor MURI

Sabtu, 28 Maret 2015 | 23:40 WIB   Reporter: Yudho Winarto
Bersih-bersih pantai di Sukabumi raih rekor MURI

ILUSTRASI. Kementerian Pertanian menargetkan Indonesia bisa mencapai produksi 35 juta ton beras pada 2024 guna menekan laju impor. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/hp.


SUKABUMI. Aksi puluhan ribu pelajar, lembaga swadaya masyarakat, dan unsur Muspida Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dalam kegiatan bersih-bersih pantai sepanjang 87 kilometer berhasil memecahkan rekor MURI.

"Aksi bersih pantai terpanjang dan melibatkan puluhan ribu orang baru yang pertama kali dilakukan di Indonesia sehingga kami menyatakan aksi peduli pantai ini merupakan yang terbesar saat ini," kata Deputi Menajer Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) Awan Rahargo di Sukabumi, Sabtu.

Menurutnya, kegiatan serentak yang dilakukan sekitar 27 ribu orang dari berbagai elemen dengan cara membersihkan pantai dari ujung Kecamatan Tegalbuleud hingga Kecamatan Cisolok dengan panjang garis pantai 87 km masuk dalam katergore "Superlatif" atau melibatkan massa dalam jumlah yang besar dan luasan daerah pada kegiatan tersebut.

Bahkan Kapolda Jaba, Irjen (polisi) M Iriawan turun langsungikut kerja bakti bersama jajarannya yang didampingi oleh Kapolres Sukabumi AKBP Asep Edi Suheri serta Bupati Sukabumi Sukmawijaya secara gotong royong dan memabaur dengan berbagai elemen masyarakat untuk membersihkan panta yang terkenal masih alami ini.

"Dari data kami kegiatan ini merupakan yang pertama kali dilakukan, biasanya MURI menilai kegiatan atau aksi dari keunikan dan kekreatifannya dan belum pernah dilakukan sebelumnya atau pernah dilakukan tetapi rekornya berhasil dipecahkan," tambahnya.

Sementara, Kapolda Jabar, Irjen (Po) M Iriawan mengatakan kegiatan polisi dan masyarakat peduli pantai ini merupakan kegiatan revolusi mental yang harus ditanamkan oleg masyarakat untuk menjaga kondisi alam khususnya pantai karena Indonesia merupakan negara kemaritiman.

Selain itu, dipilihnya pantai yang ada di Sukabumi karena di Pulau Jawa yang terkenal hanya ada dua pantai yakni Parangtritis di Jawa Tengah dan Palabuhanratu di Jabar. Sehingga, pihaknya ingin menjadi pantai ini menjadi ikon wisata Indonesia bahkan dunia, karena memiliki sumber daya alam yang mumpuni.

"Kami mengajak kepada seluruh elemen mari cintai pantai ini, karena bisa mendongkrak ekonomi dan imbasnya meningkatkan kesejahteraan khususnya warga sekitar," katanya.

Di tempat yang sama, Bupati Sukabumi, Sukmawijaya mengatakan Kabupaten Sukabumi memiliki garis pantai sepanjang 117 km untuk membersihkan pantai tidak hanya tugas pemerintah saja, tetapi seluruh elemen masyarakat. Dan diharapkan dengan kegiatan ini bisa menjadi contoh agar seluruh warga menjaga kelesetarian pantai atau laut di Sukabumi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru