Besok bus Transjakarta akan beroperasi 24 jam

Selasa, 30 Desember 2014 | 20:57 WIB Sumber: Kompas.com
Besok bus Transjakarta akan beroperasi 24 jam

ILUSTRASI. OECD Conference Centre Entrance, New 50th Logo/Banner 31st January, 2011 Paris, France


JAKARTA. Saat perayaan Jakarta Night Festival (JNF) pada malam pergantian tahun (31/12/2014), bus transjakarta akan beroperasi melayani penumpang selama 24 jam.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Muhammad Akbar mengatakan bahwa operasional Transjakarta akan berlangsung penuh pada malam pergantian tahun. 

"Bus transjakarta akan tetap beroperasi untuk melayani masyarakat. Jadi akan beroperasi 24 jam," kata Akbar, Selasa (30/12/2014). Namun, Akbar menyatakan menjelang berlangsungnya JNF di kawasan Jalan Thamrin dan Jalan Medan Merdeka, transjakarta tidak akan beroperasi. 

Sebab, kata dia, kawasan tersebut akan dipadati massa yang merayakan JNF. Oleh karena itu, transjakarta yang melewati rute itu akan beroperasi seperti berlangsungnya car free day. 

Setelah JNF berakhir pada dini hari, maka transjakarta akan beroperasi kembali. "Kayak car free day saja. Jadi dari Semanggi sampai ke Monas," ujar Akbar. 

Dia belum dapat menyebutkan kapan waktu penutupan jalan itu pastinya. "Lagi dibahas, sama Polda dan Dirlantas. Kami mau menunggu hasil rapat dengan pihak Polda Metro Jaya terlebih dahulu," ujar Akbar. 

Sementara itu, rencananya ada tiga koridor bus transjakarta yang akan beroperasi selama 24 jam. Koridor tersebut yakni koridor 1 jurusan Blok M-Kota, Koridor 3 jurusan Harmoni-Kalideres, dan koridor 9 jurusan Pinang Ranti-Pluit. 

Direktur Utama PT Transjakarta, Antonius Kosasih, mengatakan selama ini tiga koridor tersebut memang telah melayani operasional malam hari. 

"Rute untuk 3 koridor itu sejak Juni yaitu Amari (Angkutan Malam Hari). Jadi tetap beroperasi 24 jam," ujar Kosasih. Namun, khusus koridor 1, lanjutnya, akan dilakukan pengaturan yang sifatnya situasional. Sebab, akan ada perayaan JNF di koridor itu yakni di sepanjang Semanggi hingga Monas. "Kalau tidak bisa masuk ke jalur karena banyak orang kami akan lakukan pengaturan," ujarnya.(Robertus Belarminus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Uji Agung Santosa

Terbaru