Jawa Barat

Bima Arya tiadakan shalat id terbuka di tingkat kota Bogor tahun ini

Selasa, 04 Mei 2021 | 16:06 WIB Sumber: Kompas.com
Bima Arya tiadakan shalat id terbuka di tingkat kota Bogor tahun ini

ILUSTRASI. Bima Arya tiadakan shalat id terbuka di tingkat kota Bogor tahun ini

KONTAN.CO.ID -  BOGOR. Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Jawa Barat, memastikan tidak ada pelaksanaan Shalat Idul Fitri terbuka di tingkat kota tahun ini. Keputusan itu dibuat mengingat kasus Covid-19 di Kota Bogor cenderung meningkatkan sejak beberapa pekan terakhir. 

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menyampaikan, berdasarkan hasil rapat koordinasi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), penyelenggaraan shalat Id hanya diperbolehkan di masjid di masing-masing wilayah. 

"Kalau biasanya ada shalat Idul Fitri tingkat kota, terbuka, dan dihadiri Forkompinda serta yang lain, itu ditiadakan. Kemudian shalat Idul Fitri yang biasanya ada di Kebun Raya Bogor, itu juga tidak diadakan. Namun di masjid-masjid tetap ada dan dipersilakan," ujar Bima, Selasa (4/5/2021). 

Dia menambahkan, setiap tahun Pemkot Bogor menggelar pelaksanaan shalat Id di tempat terbuka, seperti di Kebun Raya Bogor. Karena situasi pandemi, tradisi tahunan itu terpaksa ditiadakan demi mencegah penyebaran kasus Covid-19. 

Baca Juga: ASN Kota Bogor dilarang pergi ke luar kota di masa libur panjang akhir pekan ini

Ia berharap, warga dapat memahami keputusan tersebut. Dirinya juga berpesan, agar kegiatan shalat Ied di masjid di masing-masing wilayah menerapkan protokol kesehatan untuk seluruh jamaah. 

“Peniadaan shalat Idul Fitri 1442 Hijriah/2021 tingkat kota di Kebun Raya Bogor sesuai dengan arahan dari pemerintah pusat untuk mencegah kerumunan,” kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Shalat Id Terbuka di Tingkat Kota Bogor Ditiadakan
Penulis : Kontributor Bogor, Ramdhan Triyadi Bempah
Editor : Egidius Patnistik

Selanjutnya: Catat, ada kebijakan ganjil genap dan pemeriksaan antigen di Kota Bogor

 

Editor: Noverius Laoli
Terbaru