Bisa Kuliah Di Unair 2023 Tanpa Tes, Cermati Syaratnya

Jumat, 03 Februari 2023 | 18:05 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Bisa Kuliah Di Unair 2023 Tanpa Tes, Cermati Syaratnya


PERGURUAN TINGGI -  Surabaya. Kesempatan terbuka untuk Anda yang ingin kuliah di Universitas Airlangga (Unair). Bahkan, Anda bisa kuliah di Unair tanpa tes masuk.

Unair memiliki beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru (PMB), salah satunya adalah jalur tanpa tes atau dikenal dengan jalur golden ticket. 

Bersumber dari situs Unair, jalur ini ditujukan untuk peserta yang memiliki prestasi yang luar biasa. Ada beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi oleh peserta yang akan mengikuti seleksi golden ticket. 

Pendaftar golden ticket harus merupakan siswa SMA yang eligible dalam SNBP. Selain itu, siswa juga harus memilih prodi yang ada di UNAIR sebagai pilihan pertama dalam SNBP.

Baca Juga: Diundur, Kapan Pengumuman PPPK Guru 2022 Diumumkan? Simak Infonya Ini

“Bagi yang memiliki prestasi, silahkan mendaftar golden ticket. Jangan khawatir karena golden ticket tidak akan mengurangi daya tampung SNPMB,” sebut Ketua Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) Unair, Achmad Solihin, dikuip dari situs Unair. 

Pada tahun 2022 lalu pendaftar golden ticket mencapai 500 peserta. Dengan sejumlah syarat dan mekanisme seleksi yang ketat, sejumlah 71 siswa dinyatakan berhasil mendapat golden ticket dan lolos UNAIR tanpa mengikuti SNBP, SNBT, maupun seleksi mandiri.

Persyaratan mengikuti jalur golden ticket Unair

Apa saja persyaratan yang wajib dipenuhi siswa untuk mengikuti jalur golden ticket? Simak rangkumannya berikut ini. 

1. Prestasi yang luar biasa

Peserta golden ticket harus dapat membuktikan prestasi luar biasa secara akademik atau non-akademik.

Lebih lanjut, peserta yang memiliki prestasi bidang organisasi seperti ketua OSIS, dan para penghafal kitab suci agama yang diakui di Indonesia juga dapat memasukan prestasinya dalam mengikuti seleksi golden ticket.

2. Wajib engikuti AEE 2023

Siswa yang akan mengikuti seleksi golden ticket, wajib mengikuti Airlangga Education Expo (AEE). 

Baca Juga: Unhan Buka Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru 2023 Jalur Beasiswa, Simak Persyaratannya

AEE ini akan diadakan tanggal 3-5 Februari 2023 di Airlangga Education Center (ACC). Siswa dapat mendaftarkan diri secara individu maupun kolektif ke situs https://eduexpo.unair.ac.id/.

Kabar gembira bagi peserta yang tidak dapat hadir secara luring, karena AEE juga tersedia secara daring di youtube Universitas Airlangga. 

Peserta yang hadir secara luring maupun daring harus melakukan check-in melalui scan QR yang tersedia, baik di lokasi acara atau tampilan YouTube. 

Mekanisme pendaftaran dan unggah bukti prestasi untuk mendapatkan golden ticket akan diumumkan dalam AEE 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru