Jawa Barat

BMKG: Gempa di Kabupaten Bandung Rabu (18/9) Dipicu Aktivitas Sesar Garut Selatan

Rabu, 18 September 2024 | 11:05 WIB Sumber: Kompas.com
BMKG: Gempa di Kabupaten Bandung Rabu (18/9) Dipicu Aktivitas Sesar Garut Selatan

ILUSTRASI. Gempa tektonik dengan magnitudo 5,0 yang terjadi di wilayah Kabupaten Bandung, akibat aktivitas sesar Garut selatan.


GEMPA BUMI - BANDUNG. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geosifika (BMKG) Bandung menyebut gempa tektonik dengan magnitudo 5,0 yang terjadi di wilayah Kabupaten Bandung, Jawa Barat Rabu (19/8) pagi akibat aktivitas sesar Garut selatan (Garsela). 

Kepala BMKG Bandung Teguh Rayahu mengatakan, gempa yang terjadi sekitar pukul 09.41 WIB ini terletak di koordinat 7,23° LS ; 107,65° BT, atau tepatnya di darat 25 kilometer Tenggara Kabupaten Bandung dengan kedalaman 10 km. 

Berdasarkan hasil analisa BMKG dengan memperhatikan episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa ini merupakan jenis gempa bumi dangkal. 

Baca Juga: Gempa Magnitudo 5,0 Mengguncang Bandung, Sejumlah Bangunan Rusak

"Akibat dari adanya aktivitas Sesat Garsela. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa memiliki mekanisme pergerakan geser turun atau oblique normal," katanya saat dihubungi, Rabu (18/9). 

Guncangan gempa ini dirasakan hampir di seluruh wilayah Kabupaten Bandung, Kota Bandung bahkan hingga ke Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. 

Selain itu, hingga pukul 10.10 berdasarkan hasil monitoring BMKG Bandung telah terjadi gempa susulan sebanyak 5 kali dengan magnitudo 3.1. 

"Ada gempa susulan," kata Rahayu. 

Rahayu mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi," sebutnya.

Baca Juga: Gempa Berkekuatan 4,7 SR Guncang Malibu California Selatan  

Sebelumnya, sejumlah warga Kabupaten dan Kota Bandung merasakan getaran gempa magnitudo 5.0 dengan pusat gempa yang berasa di Kabupaten Bandung, Rabu (18/9). 

Maulida Alsadiyah (23) warga Komplek GBI Ciwastra, Kabupaten Bandung mengaku, merasakan guncangan gempa sekitar pukul 09.42 WIB saat sedang beraktivitas di dalam rumah. 

"Kerasa lama goyangnya tadi mau diem aja ternyata agak lama," ujar dia saat dihubungi, Rabu (19/8/2024).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Gempa Kabupaten Bandung Rabu Pagi akibat Aktivitas Sesar Garsela"

Klik untuk baca: https://bandung.kompas.com/read/2024/09/18/105354878/gempa-kabupaten-bandung-rabu-pagi-akibat-aktivitas-sesar-garsela.

Selanjutnya: Liverpool Tumbangkan Milan 3-1 pada Laga Pembuka Liga Champions

Menarik Dibaca: Berikut Cara Mencegah Mesin Mobil Agar Tidak Overheat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru