BMKG Ingatkan Masyarakat agar Waspada Gelombang Sangat Tinggi 6 Meter!

Selasa, 09 Agustus 2022 | 09:04 WIB Sumber: Kompas.com
BMKG Ingatkan Masyarakat agar Waspada Gelombang Sangat Tinggi 6 Meter!

ILUSTRASI. Menurut BMKG, sejumlah wilayah perairan Indonesia masih berpotensi mengalami gelombang setinggi 6 meter pada 9-10 Agustus 2022.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ini merupakan peringatan terbaru dari  Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Menurut BMKG, sejumlah wilayah perairan Indonesia masih berpotensi mengalami gelombang setinggi 6 meter pada 9-10 Agustus 2022. 

BMKG memberikan saran kepada masyarakat untuk waspada akan peluang gelombang sangat tinggi hingga 6 meter. BMKG memantau pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari barat daya-barat laut dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot. 

Di sisi lain, pola angin wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari timur-tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot. 

Adapun kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Natuna Utara, dan perairan barat Lampung-selatan Banten, Samudera Hindia Selatan Banten, Laut Banda dan Laut Arafuru. 

Kondisi-kondisi tersebut menyebabkan terjadinya peluang peningkatan gelombang laut dengan ketinggian bervariasi. Waspada gelombang tinggi (1,25-2,5 meter).

Potensi gelombang tinggi ini berpotensi terjadi di perairan di Selat Malaka bagian utara, Laut Natuna Utara, perairan selatan Kalimantan, Laut Jawa bagian tengah dan timur, Selat Sumba, perairan Pulau Sawu-Rote-Kupang, Selat Ombai, Laut Sawu, Laut Timor, Selat Makassar bagian selatan, perairan Manui-Kendari, perairan Baubau-Wakatobi, Laut Banda, perairan selatan Pulau Buru-Pulau Seram, Laut Flores, perairan Kaimana-Amamapare, perairan utara Kepulauan Sermata-Kepulauan Tanimbar, perairan Kepulauan Kai-Kepulauan Aru, Laut Arafuru bagian timur dan barat. 

Baca Juga: Ramalan BMKG Cuaca Hari Ini di Jawa & Bali: Semarang Berawan, Surabaya Cerah

Waspada gelombang tinggi (2,5-4 meter) 

Masyarakat diimbau potensi gelombang tinggi dengan ketinggian antara 2,5 meter hingga 4 meter yang berpeluang terjadi di perairan utara Sabang, perairan barat Aceh, perairan barat Pulau Simeulue-Kepulauan Mentawai, perairan Bengkulu, perairan barat Lampung, Samudera Hindia Barat Aceh-Kepulauan Mentawai, Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan selatan Banten-Jawa Timur, perairan selatan Bali-Sumba, Selat Bali-Lombok-Alas bagian selatan, Samudera Hindia selatan Jawa Tengah-NTT, perairan selatan Sermata-Kepulauan Tanimbar, Laut Arafuru bagian tengah. 

Lebih lanjut, masyarakat juga diimbau waspada gelombang laut sangat tinggi berkisar 4-6 meter. Wilayah perairan dilanda gelombang tinggi ini berpeluang terjadi di Samudera Hindia Barat Bengkulu-Lampung, Samudera Hindia Selatan Banten-Jawa Barat. 

Baca Juga: Kapan Awal Musim Hujan di Indonesia Dimulai Tahun Ini? Catat Jawaban BMKG

Rekomendasi waspada gelombang tinggi 

Berkaitan dengan gelombang tinggi yang terjadi, maka perlu diperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran sebagai berikut: 

  • Perahu nelayan mewaspadai kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter
  • Kapal tongkang mewaspadai kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter
  • Kapal Ferry mewaspadai kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter
  • Kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar mewaspadai kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4 meter. 

Bagi masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi, diimbau tetap selalu waspada.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Waspada Gelombang Sangat Tinggi 6 Meter Masih Terjadi pada 9-10 Agustus 2022"
Penulis : Mela Arnani
Editor : Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru