Bogor-Senayan dapat ditempuh 1 Jam lebih cepat

Selasa, 31 Oktober 2017 | 20:53 WIB   Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk
Bogor-Senayan dapat ditempuh 1 Jam lebih cepat


BISNIS TRANSPORTASI - JAKARTA. Perjalanan Bogor Botani Square menuju Jakarta Plaza Senayan pada jam sibuk dapat ditempuh 1 jam lebih cepat dengan menggunakan Transjabodetabek (Transjabs) Premium. Demikian hasil ujicoba TransJab yang menggunakan Lajur Khusus Angkutan Umum di Jalan tol yang dilakukan oleh Badan Pengelola Transportasi Jabodetebek (BPTJ) pagi ini, Selasa (31/10).

Bersama Pemerintah Kota Bogor dan Perum Damri, hasil ujicoba membuktikan jarak Bogor - Jakarta yang biasanya ditempuh minimal 3 jam pada jam sibuk, kini bisa hanya 2 jam dengan Transjabodetabek Premiun yang menggunakan jalur khusus. Waktu tempuh tersebut terbukti lebih cepat bila menggunakan lajur khusus angkutan umum yang nanti akan digunakan oleh bus-bus dari tol Jagorawi menuju Jakarta.

Saat jam menunjukkan pukul 05.00 WIB, Kepala BPTJ Bambang Prihantono, Walikota Bogor Bima Arya serta Direktur Utama Damri Sadiyo Sardi di halaman parkir Bus Damri Botani Square Bogor melakukan flag off ujicoba Transjabs Premium.

Bus Transjabs Premium Pertama meluncur dari Bogor pukul 05.00 WIB, disusul bus kedua pukul 05.30 WIB dan bus ketiga pukul 06.00 WIB. “untuk sementara baru tiga bus yang kita gunakan sebagai uji coba. Diharapkan segera ditambah. Untuk Bekasi dan Bogor ini diupayakan yang tadinya hanya masing masing tiga bus, menjadi 30 bus. Sedang kami persiapkan,” kata Pri.

Kepala BPTJ tersebut menjelaskan, rencananya uji coba Transjabs Premium Trayek Bogor - Jakarta dan sebaliknya dengan menggunakan Lajur Khusus Angkutan Umum ini akan berlangsung pada hari kerja dari tanggal 31 Oktiber hingga tanggal 10 November 2017.

Pri menyebutkan bahwa Transjabs Premium ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam memberikan pelayanan transportasi yang handal dapat memberikan kenyamanan bagi setiap penumpangnya sekaligus efisien karena menggunakan Lajur Khusus Angkutan Umum sehingga waktu tempuh dapat semakin cepat.

“Saat ini Jasamarga juga sedang mempersiapkan pengecetan marka lajur khusus di jalan tol. Diharapkan nanti semua bus dari Tol Cikampek hingga Semanggi akan masuk lajur tersebut. Dan tidak diisi oleh kendaraan pribadi,” lanjut Pri.

Pada kesempatan yang sama, Walikota Bogor Bima Arya menyebutkan bahwa warga Bogor membutuhkan transportasi massal yang handal dan berkualitas mengingat volume perjalanan Warga Bogor menuju Jakarta cukup tinggi. "Transjabs Premium ini menyasar pengguna mobil pribadi untuk dapat segera beralih menggunakan Transjabs Premium supaya mengurangi kemacetan" ujar Bima.

Menurut Bima Arya, kini warga bogor mempunyai alternatif lain untuk menuju Jakarta. “Saya berharap warga Bogor akan menjadikan Transjabs Premium ini sebagai alternatif pilihan moda transportasi untuk bepergian ke Jakarta. Semoga bisa beralih dari mobil pribadi ke Transjabs agar lebih efisien dan dapat mengurangi kemacetan mengingat Bus ini melintas pada Lajur Khusus Angkutan Umum sehungga waktu tempuh akan semakin cepat".

Transjabs Premium ini menggunakan bus dengan fasilitas premium seperti AC, Wifi, Reclining Seat serta seat belt. Uji Coba Transjabs Premium ini melayani rute point to point yaitu Botani Square Bogor - Plaza Senayan Jakarta di hari kerja pagi pukul 05.00 WIB, 05.30 WIB, 06.00 WIB dan sore hari dari Plaza Senayan Jakarta - Botani Square Bogor pukul 16.00 WIB, 16.30 WIB, 17.00 WIB dengan Tarif Rp. 35.000


 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru