Boleh Tarawih di Masjid, Ini Jadwal Puasa & Link Download Imsakiyah Ramadan 2022

Kamis, 24 Maret 2022 | 08:57 WIB Sumber: Sekretariat Kabinet RI,Kompas.com
Boleh Tarawih di Masjid, Ini Jadwal Puasa & Link Download Imsakiyah Ramadan 2022

ILUSTRASI. Boleh Tarawih di Masjid, Ini Jadwal Puasa & Link Download Imsakiyah Ramadan 2022


RAMADAN - Jakarta. Pemerintah akan melonggarkan sejumlah aturan pembatasan kegiatan masyarakat saat bulan puasa Ramadan 1443 hijriah atau tahun 2022 ini. Salah satu pelonggaran tersebut adalah pembukaan masjid untuk menggelar sholat Tarawih berjamaah. Berikut jadwal puasa dan link download imsakiyah Ramadan 1443 hijriah atau tahun 2022.

Pemerintah melonggarkan pembatasan kegiatan masyarakat saat bulan Ramadan dan Lebaran 2022 yang segera tiba. Hal ini menyusul penambahan kasus Covid-19 yang semakin menyusut.

“Sampai dengan kemarin, tanggal 22 Maret tahun 2022, perkembangan pandemi COVID-19 di negara kita terus membaik. Karena itu, pemerintah memutuskan untuk mengambil beberapa langkah-langkah pelonggaran,” ujar Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam keterangan persnya, Rabu (23/03/2022) yang dipublikasikan di website Sekretariat Kabinet.

Pertama, pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) yang tiba melalui bandar udara di seluruh Indonesia tidak perlu lagi harus melewati karantina. Meski demikian, pemerintah tetap mewajibkan dilakukannya tes usap PCR pada saat kedatangan. PPLN dengan hasil tes PCR positif saat kedatangan akan ditangani oleh Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19.

“Pemerintah tetap mewajibkan pelaku perjalanan yang tiba dari luar negeri untuk melakukan tes usap PCR. Kalau tes PCR-nya negatif, silakan langsung keluar dan bisa beraktivitas. Kalau tes PCR-nya positif, akan ditangani oleh Satgas COVID-19,” ujarnya.

Tak hanya itu, situasi pandemi yang membaik juga membawa optimisme menjelang datangnya bulan suci Ramadan. Pemerintah mengizinkan umat muslim untuk melakukan salat tarawih berjemaah. Pemerintah juga memperolehkan mudik Lebaran.

“Tahun ini, umat muslim dapat kembali menjalankan ibadah salat tarawih berjemaah di masjid dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Bagi masyarakat yang ingin melakukan mudik Lebaran juga dipersilakan, juga diperbolehkan, dengan syarat sudah mendapatkan dua kali vaksin dan satu kali booster, serta tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” kata Presiden.

Untuk pejabat dan pegawai pemerintah, Presiden menegaskan bahwa pemerintah melarang untuk melakukan buka puasa bersama dan juga open house di saat Lebaran 2022 nanti.

Baca Juga: Tanpa Sidang Isbat, Muhammadiyah Rilis Jadwal Puasa & Imsakiyah Ramadan Tahun 2022

Jadwal puasa dan imsakiyah Ramadan tahun 2022

Dilansir dari Kompas.com, Muhammadiyah telah menetapkan jadwal awal puasa Ramadan 1443 Hijriah jatuh pada Sabtu, 2 April 2022. Penetapan jadwal puasa itu dilakukan lewat Maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2022 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1443 Hijriah.

Adapun dalam maklumat tersebut, juga ditetapkan mengenai 1 Syawal 1443 H yang ditetapkan pada Senin, 2 Mei 2022. Penetapan awal Ramadan dan Syawal 1443 Hijriah tersebut berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Editor: Adi Wikanto

Terbaru