CLOSE [X]

BPBD DKI: Waspada Cuaca Ekstrem yang Bisa Picu Banjir di Jakarta hingga 15 Januari

Senin, 10 Januari 2022 | 19:28 WIB   Reporter: SS. Kurniawan
BPBD DKI: Waspada Cuaca Ekstrem yang Bisa Picu Banjir di Jakarta hingga 15 Januari

ILUSTRASI. Pengendara bajaj melewati banjir yang menggenangi Jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan, Senin (20/12/2021). BPBD DKI mengeluarkan peringatan waspada cuaca ekstrem yang bisa menyebabkan banjir di wilayah Ibu Kota. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Provinsi DKI Jakarta mengeluarkan peringatan waspada cuaca ekstrem yang bisa menyebabkan banjir di wilayah Ibu Kota hingga 15 Januari 2022.

"Terdapat potensi curah hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang dengan status: WASPADA di wilayah DKI Jakarta," tulis akun BPBD DKI, Senin (10/1). 

Menurut BPBD DKI, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan, ada potensi curah hujan dengan intensitas sedang-lebat yang bisa disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Jakarta.

BPBD DKI mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem hingga 15 Januari, yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung

"Terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi," imbuh BPBD DKI.

Baca Juga: Cuaca Besok di Jabodetabek Hujan Ringan-Lebat, Waspada Petir dan Angin Kencang

Untuk itu, BPBD DKI juga mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagaan, salah satunya, dengan membaca buku saku Panduan Kesiapsiagaan Menghadapi Banjir bagi Masyarakat melalui tautan http://tiny.cc/bukusakusiagabanjir

Lalu, memperbarui informasi mengenai tinggi muka air (TMA) melalui tautan http://bpbd.jakarta.go.id/waterlevel. 

"Segera laporkan lokasi/titik yang berpotensi atau mengalami genangan/banjir melalui fitur JakLapor pada aplikasi JAKI," sebut BPBD DKI.

Masyarakat bisa memantau informasi banjir terkini melalui situs https://pantaubanjir.jakarta.go.id/peta-banjir-berbasiskan-rt. 

"Jika mengalami atau menemukan keadaan darurat, segera hubungi Call Center Jakarta Siaga 112 atau menggunakan tombol darurat pada aplikasi Jakarta Aman," imbuh BPBD DKI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru