BPTJ usul ganjil genap diterapkan seharian, ini komentar Anies Baswedan

Senin, 18 Maret 2019 | 22:08 WIB   Reporter: Herlina KD
BPTJ usul ganjil genap diterapkan seharian, ini komentar Anies Baswedan


KEBIJAKAN DKI - JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan enggan menanggapi usul Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) untuk memberlakukan sistem pembatasan kendaraan bermotor berdasarkan nomo pelat ganjil dan genap sepanjang hari. 

Anies menyatakan ingin melihat kajian BPTJ terlebih dahulu. 

"Nanti saya lihat kajian mereka. Belum ada (kajiannya). Saya lihat kajiannya dulu dong," kata Anies di Jakarta Barat, Senin (18/3). 

Anies mengatakan jika sudah melihat kajian, baru ia bisa memutuskan apakah akan menuruti usul BPTJ atau tidak. Kendati demikian, Anies mengaku belum punya rencana untuk menindaklanjuti usulan ini dengan serius. 

"Enggak, saya enggak ada rencana memanggil (BPTJ)," ujar Anies. 

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono telah menyarankan agar sistem ganjil-genap di Jakarta diberlakukan seharian penuh. 

Soalnya, kata Bambang, pembatasan kendaraan lewat jalan berbayar atau electronic road pricing (ERP) tak kunjung diimplementasikan. 

"Seadainya ERP belum memungkinkan dalam waktu dekat, perlu dipertimbangkan adanya penerapan kebijakan ganjil-genap sehari penuh," ujar Bambang dalam siaran persnya, Jumat lalu. 

Menurut Bambang, sistem ganjil-genap sehari penuh yang diberlakukan selama Asian Games lalu efektif mengurangi kemacetan di Jakarta. Namun, setelah itu, sistem ganjil-genap hanya diberlakukan di jam sibuk. 

Apalagi, kata Bambang, Jakarta segera mengoperasikan dua angkutan massal baru yakni moda raya terpadu (MRT) dan light rail transit (LRT). Pembatasan kendaraan pribadi dibutuhkan untuk mendorong masyarakat berpindah ke angkutan massal itu. (Nibras Nada Nailufar)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "BPTJ Usul Ganjil-Genap Diterapkan Seharian, Anies Ingin Lihat Kajiannya"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru