Bupati Karawang usulkan pembangunan KEK untuk dorong perekonomian

Jumat, 05 April 2019 | 18:31 WIB Sumber: Kompas.id
Bupati Karawang usulkan pembangunan KEK untuk dorong perekonomian


KEK - KARAWANG. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang akan mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk membentuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Karawang, Jawa Barat. 

Hal ini untuk mendongkrak potensi daerah, salah satunya dalam mempersiapkan Kompleks Percandian Batujaya menjadi destinasi wisata budaya. 

"Terkait masalah KEK, juga akan kami ajukan. Karena Jabar (Jawa Barat) baru ada empat," kata Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana kepada Kompas.com di Kantor Bupati Karawang, Jumat (5/4). 

Cellica mengungkapkan, KEK akan meningkatkan potensi daerah dan mengangkat pertumbuhan ekonomi dan pemberdayaan sumber daya manusia (SDM), termasuk perbaikan infrastruktur. 

Hal ini dinilai lantaran pada KEK akan mendapat intervensi dari semua kementerian yang ada di Indonesia. Sehingga, kawasan tersebut akan lebih diperhatikan. 

Cellica segera berkomunikasi dengan menteri terkait untuk membicarakan perihal teknis KEK, termasuk soal Percandian Candi Jiwa. 

"Rencana minggu depan aku ketemu Pak menteri. Nanti kita bicarakan arahnya seperti apa," katanya. 

Sebelumnya, Kompleks Percandian Batujaya resmi menjadi kawasan cagar budaya nasional pada 11 Maret 2019 melalui Surat Keputusan Kemendikbud Nomor 76/M/2019. Situs candi tertua di Indonesia ini bakal menjadi destinasi wisata budaya. (Kontributor Karawang, Farida Farhan)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Bupati Karawang Usulkan Pembangunan KEK untuk Dorong Pertumbuhan Ekonomi"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru