Cara dapatkan diskon 50% bagi wisatawan di Yogyakarta, tertarik?

Selasa, 23 November 2021 | 07:06 WIB Sumber: Kompas.com
Cara dapatkan diskon 50% bagi wisatawan di Yogyakarta, tertarik?

ILUSTRASI. Wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta bisa mendapat diskon sebesar 50%. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko


WISATA - YOGYAKARTA. Bagi Anda yang ingin berwisata ke Yogyakarta, ini ada kabar baik. Wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta bisa mendapat diskon sebesar 50%. 

Namun agar bisa mendapatkan diskon itu, wisatawan harus melakukan reservasi menggunakan aplikasi Visiting Jogja. Adapun Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memberlakukan diskon itu untuk mendorong penggunaan aplikasi Visiting Jogja. 

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo mengatakan, penggunaan aplikasi Visiting Jogja masih kurang. Oleh sebab itu, pihaknya memberikan insentif atau potongan bagi wisatawan yang menggunakan aplikasi itu. 

"Kalau reservasi menggunakan aplikasi kan ada kepastian wisatawan bisa masuk karena ada pembatasan sebesar 25%. Pengelola juga bisa mendapatkan profil dari wisatawannya," kata dia, Senin (22/11/2021). 

Baca Juga: Cara dan syarat daftar BPUP Rp 1,8 juta untuk pelaku usaha pariwisata, sudah dibuka!

Harus bayar melalui QR Code 

Singgih mengatakan, beberapa tempat wisata  diberikan skema diskon khusus bagi wisatawan yang melakukan reservasi dan pembayaran melalui QR Code aplikasi Visiting Jogja. 

"Reservasi di Visiting Jogja dapat diskon. Kalau bayarnya di loket, tidak dapat diskon," tutur Singgih. 

Setidaknya ada sebanyak 10 tempat yang sudah menerapkan diskon ini. Namun, dirinya tidak bisa merinci mana saja tempat wisata itu. 
"Ada (10 tempat wisata). Mangunan ada, Prambanan juga kemarin," kata dia. 

Baca Juga: 4 Tempat wisata di Bandung murah, edukasi lewat berbagai museum berikut

Disinggung soal jumlah kunjungan, Singgih menjelaskan bahwa jumlah wisatawan saat weekdays sekitar 3.000 orang. Saat weekend pada Sabtu, mulai terlihat peningkatan dan pada hari Minggu adalah puncak kunjungan wisatawan. 

"Weekdays antara 2.000 sampai 3.000, tapi begitu sabtu peningkatan dan peaknya Minggu sampai 7.000 orang. Tapi tidak seperti 2020 yang masih lebih tinggi, kalau kita lihat di kota dan kabupaten lain, mungkin lebih banyak," ujar dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ada Diskon 50 Persen bagi Wisatawan di Yogyakarta, Ini Cara Dapatkan"
Penulis : Kontributor Yogyakarta, Wisang Seto Pangaribowo
Editor : Anggara Wikan Prasetya

 

Selanjutnya: PPKM Level 3 saat Nataru disertai kewajiban vaksin, tes swab, dan pengecekan ketat

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru