Cara Polda mengurai simpul macet di Brebes

Senin, 04 Juli 2016 | 21:17 WIB Sumber: TribunNews.com
Cara Polda mengurai simpul macet di Brebes


JAKARTA. Wakil Kepala Polri (Wakapolri) Komjen Pol Budi Gunawan, turun memantau langsung pengamanan arus mudik di Pos Terpadu Brebes Timur, tak jauh dari pintu tol exit Brebes Timur, Senin (4/7).

Kepada Wakapolri, Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono menjelaskan mengenai kendala simpul kemacetan di wilayah tersebut.

Kapolda Jateng menyebutkan ada dua persoalan. Pertama, sistem pembayaran tol yang lambat hingga menimbulkan kemacetan panjang di ruas tol Brebes Timur. Kedua, banyaknya pom bensin yang kehabisan stok sehingga membuat para pemudik berhenti untuk mengantri pengisian BBM di kawasan itu.

Adapun upaya yang dilakukan Polda Jateng untuk mengurai kemacetan adalah dengan melakukan contraflow 4 jalur pada malam hari dan siang hari menggunakan sistem tiga satu. Walaupun macet padat merayap, tapi efektif  mengurai kemacetan yang ada di wilayah Pantura.

Menanggapi laporan tersebut, Komjen Budi Gunawan mengingatkan agar seluruh anggota melaksanakan tugas kemanusiaan ini dengan sebaik mungkin, dan menjaga kondisi tubuh.

“Karena tugas ini menguras tenaga dan pemikiran kita sebagai pelayan, pelindung dan pengayom masyarakat. Serta melakukan sesigap mungkin dalam mengurai kemacetan karena prioritas Presiden RI adalah jangan sampai ada warga masyarakat yang terlalu lama menunggu karena macet."

"Percepatan arus mudik dengan berbagai pola pengaturan dan rekayasa lalulintas yang efektif,” ujarnya seperti dirilis dalam halaman Facebook Divisi Humas Polri, Senin (4/7).

Budi Gunawan juga memberikan semangat kepada seluruh anggota agar selalu waspada. “Karena kita juga masih menghadapi dalam bahaya laten terorisme,” ujarnya.

Ia juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada jajaran Polda Jateng dalam melaksanakan pengamanan arus mudik ini. Karena, tingkat kepadatan lalulintas di Pantura bisa diatasi dengan baik dan tingkat kecelakaan juga menurun hingga 7% dari tahun lalu. (Srihandriatmo Malau)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru