Catat, ganjil genap di Kota Bandung mulai berlaku Jumat (3/9) di jalan ini

Jumat, 03 September 2021 | 13:44 WIB Sumber: Kompas.com
Catat, ganjil genap di Kota Bandung mulai berlaku Jumat (3/9) di jalan ini

ILUSTRASI. Catat, ganjil genap di Kota Bandung mulai berlaku Jumat (3/9) di jalan ini

KONTAN.CO.ID - Bandung. Perhatian, ganjil genap di Kota Bandung berlaku mulai hari ini. Simak ruas jalan yang berlaku kebijakan ganji genap di Bandung agar perjalanan Anda lebih lancar.

Ganjil genap adalah sistem pengaturan arus lalu lintas kendaraan bermotor berdasarkan plat nomor kendaraan. Kendaraan dengan plat nomor belakang genap hanya boleh melintas pada tanggal genap. Sedangkan kendaraan dengan plat nomor belakang ganjil hanya boleh melintas pada jalan tertentu pada tanggal ganjil.

Ganjil genap di Kota Bandung diberlakukan oleh Polresta Bandung untuk membatasi mobilitas sosial selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3. Ganjil genap tersebut berlaku di lima gerbang jalan tol area Kota Bandung pada akhir pekan mulai hari ini, Jumat 3 September hingga 5 September 2021.

Adapun waktu pemberlakuan ganjil genap Bandung yaitu Jumat pukul 16.00 WIB sampai 21.00 WIB. Kemudian ganjil genap Bandung pada Sabtu pukul 10.00 WIB hingga 21.00 WIB. Lalu ganjil genap Bandung pada Minggu pukul 10.00 WIB sampai 20.00 WIB.

Kapolrestabes Bandung Kombes Aswin Sipayung mengatakan, sebanyak 467 petugas gabungan disebar untuk mengatur kebijakan ganjil genap Bandung tersebut. Pengaturan ganjil genap ini melibatkan personel gabungan dari Polri, TNI dan Dinas Perhubungan Kota Bandung.

Baca juga: Agar masyarakat disiplin, Wagub DKI dukung tilang ganjil genap diberlakukan

Personel akan ditempatkan di sejumlah titik pemberlakuan ganjil genap di Kota Bandung. “Kita akan melakukan kegiatan di beberapa titik di pintu masuk Kota Bandung. Di beberapa titik akan ditempatkan unsur kami di Polres, Dishub dan TNI,” ucap Aswin.

Untuk kelima titik pemberlakuan ganjil genap di Bandung antara lain gerbang tol (GT) Pasteur, GT Pasirkoja, GT Kopo, GT Buahbatu dan GT Moch Toha.

Menurut Aswin, penerapan ganjil genap di Kota Bandung ini diberlakukan untuk mengurangi mobilitas masyarakat. Terlebih dalam masa pandemi Covid-19 di mana Kota Bandung masih berada pada Level 3. “Untuk mengurangi arus masuk ke Bandung saat weekend dikarenakan masih tinggi yang terkena pandemi. kita batasi kegiatan,” tandas Aswin.

Itulah informasi kebijakan ganjil genap Bandung yang berlaku hari ini. Semoga perjalananan lancar dan selamat sampai tujuan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ganjil Genap di 5 Ruas Tol Bandung Berlaku Hari Ini", 


Penulis : Aprida Mega Nanda
Editor : Azwar Ferdian

 

Selanjutnya: Ingat! Uji coba ganjil genap di kawasan Puncak mulai berlaku hari ini (3/9)

 

Editor: Adi Wikanto
Terbaru