Catat! Kota Tua Jakarta Tutup di Hari Pertama Lebaran 2023

Sabtu, 15 April 2023 | 15:32 WIB Sumber: Kompas.com
Catat! Kota Tua Jakarta Tutup di Hari Pertama Lebaran 2023

ILUSTRASI. kawasan Kota Tua akan ditutup pada hari pertama Lebaran 2023


LEBARAN - JAKARTA. Bagi warga Jakarta dan sekitarnya yang ingin berwisata di Kawasan Kota Tua saat Lebaran, sebagainya mengurungkan niatnya. Mengingat, Kawasan Kota Tua di Jakarta Barat akan tutup sementara pada hari pertama Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah atau pada pertengahan April 2023.

Kasubag Tata Usaha Unit Pengelola Kawasan (UPK) Kota Tua Irfal Guci mengatakan, kawasan Kota Tua akan dibuka kembali pada hari kedua Lebaran 2023.

"Hari-H Lebaran, kawasan Kota Tua tutup," kata Irfal kepada Kompas.com, Sabtu (15/4).

Ia melanjutkan, penutupan sementara ini dilakukan dalam rangka menghormati perayaan Lebaran 2023. Selain kawasan Kota Tua yang tutup saat hari pertama Lebaran 2023, museum dan berbagai kantor pemerintahan pun juga akan tutup pada hari tersebut.

"Baru besok bukanya," ujar dia.

Baca Juga: H-8 Lebaran, Jasa Marga Catat 158.835 Kendaraan Meninggalkan Jabotabek

Sebagai informasi, dilaporkan oleh Kompas.com, Kamis (13/4), hari libur nasional Idul Fitri 1444 Hijriah akan berlangsung mulai Sabtu (22/4) hingga Minggu (23/4) berdasarkan revisi Surat Keputusan Bersama (SKB) Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2023.

Sementara itu, sebelumnya ada pengumuman dari Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah terkait Idul Fitri 1444 Hijriah akan jatuh pada Jumat (21/4).

Kendati demikian, saat ini Kementerian Agama belum menetapkan 1 Syawal 1444 Hijirah akan jatuh pada tanggal berapa.

Untuk diketahui, proses revitalisasi kawasan Kota Tua oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta selesai dilakukan pada Agustus 2022.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, Rabu (24/8/2022), kawasan tersebut pun terhubung dengan transportasi umum lewat stasiun kereta api (KRL Commuterline) dan halte Transjakarta.

Selain itu, Kota Tua juga saat ini menjadi kawasan rendah emisi atau low emision zone (LEZ) guna meningkatkan kualitas udara di sekitarnya. Area trotoar di kawasan tersebut juga dilengkapi dengan street furniture, taman, air mancur, dan guiding block guna mewujudkan kawasan yang ramah penyandang disabilitas.

Penulis : Sania Mashabi
Editor : Ni Nyoman Wira Widyanti

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kota Tua Jakarta Tutup Sementara pada Hari Pertama Lebaran 2023".

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru