Cegah corona, Baznas lakukan penyemprotan disinfektan di Stasiun Tanah Abang

Kamis, 26 Maret 2020 | 11:55 WIB   Reporter: Tendi Mahadi
Cegah corona, Baznas lakukan penyemprotan disinfektan di Stasiun Tanah Abang

ILUSTRASI. Para penumpang menggunakan masker kesehatan saat menumpang KRL Commuterline rute Serpong-Tanah Abang di Stasiun Palmerah, Jakarta Pusat, Kamis (12/3/2020). Cegah penyebaran corona, Baznas lakukan penyemprotan disinfektan di Stasiun Tanah Abang. Warta Kota


VIRUS CORONA - JAKARTA. Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menurunkan tim BAZNAS Tanggap Bencana untuk melakukan tindakan pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19 dengan melakukan penyemprotan cairan disinfektan di Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (25/3). 

Tak hanya disemprot, Tim BAZNAS Tanggap Bencana juga melakukan pengelapan dengan kain yang telah diberi cairan disinfektan ke bagian area yang sering disentuh oleh masyarakat seperti mesin tap kartu untuk keluar masuk stasiun, pegangan tangga stasiun, dan juga vending machine. 

Baca Juga: Update: Per Kamis (26/3/2020), RS darurat Wisma Atlet rawat 208 pasien corona

“Meski jam operasi sudah dibatasi, saat ini jumlah masyarakat pengguna KRL masih sangat banyak. Stasiun Tanah Abang menjadi salah satu stasiun transit dengan mobilitas masyarakat yang cukup tinggi ditambah lokasinya yang berdekatan langsung dengan pasar. Maka dari itu BAZNAS Tanggap Bencana berinisiatif untuk melakukan penyemprotan disinfektan agar masyarakat steril dari penularan Covid-19,” jelas Kepala Program BAZNAS Tanggap Bencana, Dian Mandana Aditya Putri dalam keterangannya, Kamis (26/3).

Selain penyemprotan dan pengelapan, lanjut Dian, BAZNAS Tanggap Bencana juga melakukan pendistribusian 400 hand sanitizer untuk diberikan kepada para penumpang KRL. 

“Tak hanya pendistribusian, tim  juga memberikan edukasi singkat bagaimana cara menggunakan hand sanitizer yang baik untuk menjaga kebersihan tangan agar aman dari virus. BAZNAS Tanggap Bencana akan terus bergerak  melakukan upaya-upaya menekan angka penyebaran virus yang semakin meluas,” ujarnya.

Sebelumnya Tim BAZNAS Tanggap Bencana juga telah melakukan penyemprotan serupa di beberapa area transportasi publik seperti Stasiun Tebet, Stasiun Manggarai, Stasiun Juanda, dan juga Terminal Kampung Melayu.

Baca Juga: Simak cara peroleh bebas biaya impor barang penanggulangan corona (covid-19)

Sementara itu, Direktur Utama BAZNAS RI, M Arifin Purwakananta menambahkan dalam upaya membantu pencegahan penyebaran Covid-19, BAZNAS concern pada titik area publik dimana masih banyak aktivitas masyarakat.

“BAZNAS berupaya membantu mereka yang memang tidak bisa melakukan sistem bekerja dari rumah agar tetap terlindungi saat berada di area umum. Semoga langkah kecil kami, bisa memberikan dampak yang berarti dalam mencegah mereka dari penularan Covid-19,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru