Cegah corona, Dompet Dhuafa pasang bilik sterilisasi di Gedung MUI

Selasa, 24 Maret 2020 | 21:14 WIB   Reporter: Tendi Mahadi
Cegah corona, Dompet Dhuafa pasang bilik sterilisasi di Gedung MUI

ILUSTRASI. Dompet Dhuafa pasang bilik sterilisasi di Gedung MUI.


VIRUS CORONA - JAKARTA. Dompet Dhuafa bersama Arus Baru Indonesia (ARBI) memasang bilik sterilisasi (disinfection chamber) di Gedung Majelis Ulama Indonesia (MUI). Sarana ini merupakan langkah antisipatif terhadap penularan virus korona yang sedang mewabah di Indonesia dan menjadi pandemi di dunia.

Ketua ARBI Lukmanul Hakim mengajak para ulama, ustad, tokoh masyarakat, dan masyarakat umum memiliki kesadaran dan peduli untuk melindungi diri dan menghindari tersebarnya virus covid-19. "Kami siapkan bilik sterilisasi ini untuk nengantisipasi penularan covid-19," ungkap Lukmanul Hakin dalam keterangannya, Selasa (24/03). 

Baca Juga: Pembiayaan pasien terinfeksi corona diprioritaskan bagi peserta PBI dan non asuransi

Lukman meminta masyarakat tetap berada di rumah mengikuti anjuran pemerintah. Bila terpaksa dan mendesak harus keluar rumah ikuti protokol yang ditetapkan pemerintah dan membersihkan diri dengan disinfektan melalui bilik serilisasi. "Ikuti peraturan pemerintah untuk melindungi masyarakat," kata Lukman yang juga menjabat Staf Khusus Wakil Presiden RI.

Chief Comnunication Officer (CCO) Dompet Dhuafa, Guntur Subagja, menjelaskan DD sangat peduli terhadap antisipasi covid-19 bagi masyarakat. Selain melakukan penyemprotan desinfektan di rumah-rumah ibadah, sekolah, dan area publik, juga memasang bilik sterilisasi di berbagai tempat layanan publik dan area publik. 

"Kami mengajak masyarakat berpartisipasi untuk menyediakan 1.000 bilik sterilisasi,"ungkap Guntur. Bilik-bilik itu akan dipasang antara lain di bandara, stasiun, terminal, rumah sakit, dan sarana publik lainnya.

Tim Crisis Center Cegah Tangkal Corona DD melakukan sterilisasi dengan penyemprotan desinfektan di berbagai fasilitas umum hingga pelosok pemukiman baik di lingkup Jabodetabek maupun seluruh kota besar Se-Indonesia, Dompet Dhuafa terus bergerak dengan membuat 1000 unit bilik sterilisasi yang akan di salurkan ke berbagai fasilitas umum di wilayah Jabodetabek.

Baca Juga: BI ajak masyarakat gunakan pembayaran non tunai untuk cegah wabah corona

“1000 unit ini akan di sebar ke seluruh fasilitas umum di Jabodetabek, bilik sterilisasi  (Body Chamber) ini berfungsi untuk sterilisasi secara keseluruhan badan bagi para masyarakat dalam menggunakan fasilitas umum baik moda transportasi maupun pejalan kaki," ujar Doni Marlan, General Manager Remo Dompet Dhuafa.

"Semua yang memasuki area fasilitas umum diwajibkan memasuki alat tersebut untuk disterilkan dari kuman, bakteri dan virus yang mungkin menempel. Komposisi cairan antiseptik yang digunakan pada chamber, kandungannya berbeda dengan cairan desinfektan yang disemprotkan ke fasilitas publik," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru