Cek Jadwal SIM Keliling Surabaya Hari Ini 27/9/2022, Biaya Perpanjang SIM C Rp 75.000

Selasa, 27 September 2022 | 07:06 WIB   Reporter: Adi Wikanto
Cek Jadwal SIM Keliling Surabaya Hari Ini 27/9/2022, Biaya Perpanjang SIM C Rp 75.000

ILUSTRASI. Cek Jadwal SIM Keliling Surabaya Hari Ini 27/9/2022, Biaya Perpanjang SIM C Rp 75.000


SIM KELILING SURABAYA - Surabaya. Warga Surabaya yang ingin perpanjang masa berlaku surat izin mengemudi (SIM) tak perlu bingung. Berikut jadwal layanan SIM keliling Surabaya hari ini, Selasa 27 September 2022.

Cara perpanjang SIM semakin mudah dilakukan setelah Polri membuat berbagai terobosan. Dilansir dari website Korlantas Polri, Korlantas Polri meluncurkan sejumlah program terobosan untuk mempermudah masyarakat perpanjang masa berlaku SIM.

Kasubdit SIM Ditregident Korlantas Polri Kombes Pol Trijulianto Djati Utomo mengatakan program ini diinisiasi oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada saat menjabat dengan mempersiapkan program prioritas Kapolri.

“Termasuk pada saat kita sedang mengalami pandemi covid 19 yang sedang parahnya. Itu latar belakangnya kenapa kita menyiapkan layanan yang lebih mudah cepat, bisa dimana saja, kapan saja dan bisa di akses masyarakat lebih mempermudah, transparan itu yang kita lakukan,” kata Kombes Pol Trijulianto Djati Utomo.

Kombes Pol Trijulianto Djati Utomo menambahkan, program ini sudah terlaksana di kantor Satpas, Gerai SIM, Layanan SIM keliling di seluruh Provinsi, Kota maupun Kabupaten. Untuk yang online telah disiapkan dengan aplikasi SIM Nasional Presisi. Seluruh pelayanan untuk memperpanjang masa berlaku SIM A dan C.

“Untuk SIM Internasional dengan website, kita sudah online lebih dulu dibandingkan SIM Nasional Presisi, tahun 2020 sudah online untuk layanan SIM Internasional. Jadi masyarakat tidak harus datang ke Subdit SIM Ditregident Korlantas Polri, tapi bisa lewat gadget masing-masing mereka mendaftar. Linknya siminternasional.korlantas.polri.go.id kemudian mereka bisa memasukan persyaratan-persyaratan dan bisa di proses,” tambahnya.

Baca Juga: Jadwal SIM Keliling Bandung Hari Ini 27/9/2022, Perpanjang SIM Langsung Jadi

Biaya pengurusan sudah tertera diluar biaya kesehatan dan tes psikologi di daerah atau wilayah tertentu. Pemohon hanya membayar PNBP. Sedangkan untuk SIM yang habis masa berlakunya menurut PERPU No.5 tahun 2021 menggunakan proses penerbitan SIM baru dengan datang ke kantor Satpas.

“Bapak Kapolri juga sudah menyiapkan layanan satu atap untuk seluruh aplikasi yang berkaitan dengan pelayanan masyarakat namanya Polri Super App, aplikasi SINAR juga bergabung disana. Kami harap bagi pengemudi yang sudah memiliki SIM harus betul-betul memperlihatkan kompetensinya sehingga di harapkan tidak ada lagi orang yang memiliki SIM itu melanggar dan selalu taat melakukan perpanjangan SIM atau terutama perpanjangan SIM yang 5 tahun tepat waktu,” tandasnya.

Jadwal SIM keliling Surabaya hari ini

Layanan SIM keliling di Surabaya hari ini, Selasa 27 September 2022 berada di 2 lokasi. Layanan SIM keliling Surabaya bisa dipilih yang terdekat agar lebih hemat.

Layanan SIM keliling di Surabaya hari ini siap melayani masyarakat yang ingin memperpanjang masa berlaku SIM. Anda bisa memilih layanan SIM keliling terdekat untuk perpanjang masa berlaku yang hampir habis.

Layanan SIM keliling adalah pelayanan khusus perpanjangan masa berlaku SIM secara bergerak di berbagai wilayah. Layanan SIM keliling untuk memudahkan masyarakat memperpanjang masa berlaku SIM.

Biasanya, antrian masyarakat di layanan SIM keliling lebih sedikit dibandingkan di kantor Satpas SIM Polrestabes Surabaya.

Mengutip publikasi di akun media sosial TMC Polda Metro Jaya, jadwal layanan SIM keliling Polrestabes Surabaya beroperasi di dua lokasi. Berikut lokasi layanan SIM keliling di Surabaya hari ini 27 September 2022:

1. Belakang SWK Jambangan

2. Forum RT dan RW 13 Griya Benowo Indah

Untuk waktu layanan SIM Keliling Surabaya pada hari ini Selasa, 27 September 2022 mulai pukul 08.00 s / d 12.00 WIB. Layanan SIM Keliling Polrestabes Surabaya hanya melayani permohonan perpanjangan SIM A dan C yang masa berlakunya habis.

Baca Juga: Jadwal SIM Keliling Bekasi & Bogor Hari Ini 27/9/2022, Perpanjang SIM A, C, C1, C2

Syarat perpanjang SIM di Satpas keliling

Layanan SIM Keliling Surabaya hanya melayani permohonan perpanjangan SIM A dan C yang dapat dilakukan sebelum masa berlaku habis. Apabila masa berlaku SIM habis diberlakukan penerbitan seperti SIM Baru.

Untuk biaya perpanjangan sesuai dengan PP Nomor 60 Tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak adalah Rp 80.000,- untuk perpanjang masa berlaku SIM A. Sedangkan biaya perpanjang SIM C Rp. 75.000.

Syarat perpanjangan SIM A atau C sebagai berikut:
1. Foto Kopi KTP yang masih berlaku,
2. Foto Kopi SIM lama dan SIM asli,
3. Bukti Cek Kesehatan,
4. Bukti Tes Psikologi.

Setiap orang yang mengemudikan kendaraan dijalan raya wajib mengantongi Surat Izin Mengemudi sesuai dengan jenis kendaraan yang dikemudikan. Ketentuan berlaku untuk pengendara yang tidak memiliki SIM diatur dalam Pasal 281.

Baca Juga: Bisa Perpanjang SIM A C, Jadwal SIM Keliling Depok, Tangsel, Bogor Hari Ini 27/9/2022

Cara perpanjang masa berlaku SIM di Satpas SIM keliling Surabaya:

  1. Pemohon bisa melakukan pendaftaran untuk perpanjangan SIM.
  2. Petugas akan memberikan formulir untuk diisi oleh pemohon sesuai data diri. Agar proses pengisian lebih cepat, disarankan membawa alat tulis sendiri.
  3. Setelah pengisian data diri selesai, formulir diserahkan kembali kepada petugas.
  4. Menunggu antrean sampai nama dipanggil oleh petugas.
  5. Pemohon akan dipanggil untuk masuk ke dalam mobil layanan guna mengikuti tes kesehatan.
  6. Setelah itu, pemohon melanjutkan ke tahap berikutnya yakni untuk berfoto.

Setelah foto, Anda tinggal menunggu SIM jadi. Nantinya petugas akan memanggil nama sesuai yang tertera di SIM.

Demikian informasi jadwal layanan SIM Keliling Surabaya hari ini, Selasa 27 September 2022. Ingat, tetap patuhi protokol kesehatan selama mengurus perpanjangan masa berlaku SIM karena kasus Covid-19 kembali naik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru