Peristiwa

Dalam sehari, Gunung Merapi keluarkan empat kali awan panas dan 19 guguran lava pijar

Jumat, 08 Januari 2021 | 09:53 WIB Sumber: Kompas.com
Dalam sehari, Gunung Merapi keluarkan empat kali awan panas dan 19 guguran lava pijar

ILUSTRASI. Gunung Merapi mengeluarkan lava pijar yang tampak dari Purwobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. ANTARA FOTO/Ranto Kresek/sgd/pras.

KONTAN.CO.ID - YOGYAKARTA. Gunung Merapi mengeluarkan empat kali awan panas guguran dan 19 kali guguran lava pijar pada Kamis (7/1). 

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyatakan, awan panas turun dengan jarak luncur 300 sampai 400 meter ke arah barat daya. 

"(Guguran lava pijar) teramati 19 kali dengan jarak luncur maksimum 800 meter ke arah Kali Krasak," kata Kepala BPPTKG Hanik Mumaida dalam keterangan tertulisnya, Jumat (8/1/). 

Selama pemantauan yang berlangsung kemarin, tercatat pula 117 kali gempa guguran, 99 kali gempa embusan, 251 kali gempa fase banyak, dan 45 kali gempa vulkanik dangkal. 

Baca Juga: Gunung Merapi kembali mengeluarkan awan panas guguran

Sampai saat ini BPPTKG masih menetapkan status Gunung Merapi pada Siaga (Level III). Radius bahaya berada 5 kilometer dari puncak Gunung Merapi. 

Penambangan di alur sungai-sungai yang berhulu di Gunung Merapi dalam kawasan rawan bencana (KRB) III direkomendasikan untuk dihentikan. 
Pelaku wisata agar tidak berkegiatan di KRB III Gunung Merapi termasuk kegiatan pendakian ke puncak.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Dalam Sehari, Gunung Merapi Keluarkan 4 Kali Awan Panas dan 19 Guguran Lava Pijar"

Penulis : Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma
Editor : Teuku Muhammad Valdy Arief

Selanjutnya: Gunung Merapi terpantau empat kali meluncurkan lava pijar

 

Editor: Herlina Kartika Dewi
Terbaru