Dari Pasar Tanah Abang, vaksinasi tahap dua dimulai hari ini

Rabu, 17 Februari 2021 | 06:30 WIB Sumber: Kompas.com
Dari Pasar Tanah Abang, vaksinasi tahap dua dimulai hari ini

ILUSTRASI. RENCANA VAKSIN PARA PEKERJA PUBLIK. Pedagang dengan menerapkan protokol kesehatan beraktivitas di depan kios Blok A Pasar Tanah Abang. KONTAN/Fransiskus Simbolon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Vaksinasi Covid-19 tahap dua dimulai hari ini, Rabu (17/2). Penyuntikan vaksin dimulai dari Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. 

Sebanyak 9.000 lebih pedagang Pasar Tanah Abang sudah terdaftar sebagai penerima vaksin. 

Vaksinasi tahap dua ini memang menyasar pedagang pasar yang dianggap rentan tertular Sars-Cov-2, virus penyebab Covid-19. 

Pedagang Pasar Tanah Abang dipilih sebagai penerima vaksin pertama, lalu baru dilanjutkan ke pasar-pasar lainnya di seluruh Indonesia. 

Selain menyasar pedagang pasar, vaksinasi tahap dua ini juga menyasar kelompok masyarakat yang karena profesinya rentan terpapar Covid-19, mulai dari pendidik, pelaku pariwisata, petugas pelayanan publik, pekerja transportasi publik, atlet, dan wartawan. 

Baca Juga: Akhirnya, BPOM terbitkan EUA 13 juta dosis vaksin Covid-19 Sinovac produksi Bio Farma

Lalu ada tokoh agama, wakil rakyat, pejabat pemerintah, aparatur sipil negara, serta anggota TNI-Polri. 

Sebelumnya pada vaksinasi tahap pertama, sasarannya adalah para tenaga kesehatan yang menjadi garda terdepan dalam menangani pasien Covid-19. 

9791 pedagang 

Pelaksana Harian Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi mengatakan, vaksinasi akan dimulai pukul 08.00 WIB. Lokasi vaksinasi sudah disiapkan di dua titik, yakni di lantai 8 dan lantai 12 blok A Pasar Tanah Abang. Informasi yang dihimpun, Presiden Joko Widodo akan menghadiri langsung vaksinasi perdana tahap kedua ini. 

Irwandi mengatakan, ada 9.791 pedagang yang sudah terdata untuk menerima vaksin. Namun, tak semuanya akan disuntik vaksin hari ini. 

Vaksinasi dijadwalkan berlangsung sampai enam hari ke depan untuk menghindari kerumunan. Nantinya pedagang yang sudah terdata bisa datang ke lokasi vaksinasi sesuai jadwal yang telah ditentukan. 

Editor: Herlina Kartika Dewi
Terbaru