Delegasi pengusaha Polandia sempat membahas ini ketika temui Anies Baswedan

Sabtu, 27 Oktober 2018 | 18:05 WIB   Reporter: Kiki Safitri
Delegasi pengusaha Polandia sempat membahas ini ketika temui Anies Baswedan


DKI JAKARTA - JAKARTA. Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan menerima kunjungan Duta Besar RI untuk Polandia, H.E. Peter F. Gontha, bersama Delegasi Pengusaha Polandia, dan juga para Staf KBRI Warsawa di Balaikota Jakarta, belum lama ini. Pertemuan ini membahas potensi dan peluang kerja sama, terutama pada sektor waste management atau manajemen pengelolaan limbah atau sampah, energi, ketenagakerjaan, serta investasi di Jakarta.

Anies mengapresiasi dan menyambut baik berbagai peluang kerja sama yang akan dibangun oleh Jakarta dan Warsawa, Ibu Kota Polandia. Diharapkan juga masalah-masalah yang ada di Jakarta bisa terselesaikan dengan baik lewat kerja sama dengan berbagai negara, termasuk dengan Polandia. Salah satunya mengenai pembangunan fasilitas pengolahan sampah atau Intermediate Treatment Facility (ITF).

“Kami menyambut baik dan positif. Pertemuan awal untuk mengeksplor potensi-potensi kerja sama investasi di DKI Jakarta di berbagai sektor. Pada fase ini, kami baru fase perkenalan, tetapi kami di Pemprov DKI Jakarta sekarang sedang me-review rencana pembangunan ITF di beberapa tempat di Jakarta,” kata Anies.
Anies berharap, melalui kerja sama dengan Warsawa, nantinya juga dapat meningkatkan lapangan pekerjaan dan menggerakkan perekonomian di Ibu Kota Jakarta.

Sementara itu, Duta Besar RI untuk Polandia, H.E. Peter F. Gontha menyampaikan bahwa Delegasi Pengusaha Polandia berkunjung ke Indonesia dalam rangka menghadiri pertemuan bisnis di tiga kota besar di Indonesia (Jakarta, Tangerang dan Bali). Ia memaparkan berbagai peluang kerja sama, antara lain di dalam bidang pengelolaan sampah, pengelolaan air minum, pendidikan, perhotelan, dan ketenagakerjaan.

“Hari ini kami (datang) dalam rangka mengunjungi Trip Expo Indonesia yang (salah satunya) ada di JIExpo (Jakarta). Kami menyempatkan diri untuk datang menyampaikan beberapa kemungkinan yang dapat dikerjasamakan antara Polandia dan DKI Jakarta khususnya. Dalam hal ini, ada beberapa perusahaan yang bergerak dalam pengolahan sampah Biomes juga IT sampah,” kata Pieter.

KBRI Warsawa berharap pertemuan dengan Jakarta ini menjadi langkah konkrit untuk membuka dan memperkuat berbagai bentuk kerja sama yang dapat dijalin oleh Pengusaha Polandia dengan Jakarta di berbagai bidang. Misalkan, inisiatif untuk membangun sister city antara Jakarta dengan Warsawa.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru