Djarot: Hewan kurban di DKI bebas antraks

Jumat, 01 September 2017 | 11:53 WIB   Reporter: Dupla Kartini
Djarot: Hewan kurban di DKI bebas antraks


IDUL ADHA - Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan, sejauh ini belum ada temuan virus antraks pada hewan kurban yang ada di DKI Jakarta.

"Selama ini belum ada temuan. Yang harus kita antisipasi, jangan sampai ada antraks, itu aja. Tapi, selama ini enggak apa-apa, masih bebas dari antraks," ujar Djarot di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jumat (1/9/2).

Djarot menjelaskan, pada hari Idul Adha ini, ada sebanyak 817 petugas yang terdiri dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI), dan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta.

"Pelepasan petugas ini dilakukan setiap tahun untuk mengecek kesehatan hewan baik yang akan disembelih maupun sudah disembelih," katanya.

Lanjutnya, tujuan dari pengecekan yang dilakukan petugas untuk memastikan bahwa hewan tersebut sehat dan aman untuk dikonsumsi.

Petugas-petugas tersebut sudah disebar, sehingga pasti ada di setiap wilayah. Hanya saja, pada Jumat pagi, secara simbolis petugas pemeriksaan hewan diwakilkan petugas dari wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Utara, dan PDHI.

Adapun petugas akan terus bekerja dari Jumat hingga besok. Sebab, lanjut Jarot, hingga Sabtu masih akan dilakukan pemotongan hewan kurban. (Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja)

Artikel ini sudah tayang sebelumnya di Kompas.com berjudul: Djarot Pastikan Hewan Kurban di DKI Bebas Antraks

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru