Dorong teknologi digital, Pemprov DKI klaim telah sediakan 6.267 akses poin JakWIFI

Minggu, 13 Desember 2020 | 12:39 WIB Sumber: Kompas.com
Dorong teknologi digital, Pemprov DKI klaim telah sediakan 6.267 akses poin JakWIFI

ILUSTRASI. Salah satu akses poin JAKWifi


KEBIJAKAN DKI - JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim bahwa Pemprov DKI Jakarta telah menyediakan 6.267 akses poin JakWIFI. Akses WIFI tersebut tersedia tersebar di 5 wilayah Kota dan 1 Kabupaten Administrasi di DKI Jakarta. 

"Buat diketahui, hingga saat ini sudah ada 6.267 akses poin JakWIFI, tersedia di 5 wilayah Kota Administrasi dan 1 Kabupaten di Kepulauan Seribu," kata Anies seperti dikutip dari laman Facebook pribadinya, Minggu (13/12). 

Menurut Anies, akses JakWIFI tak hanya dimanfaatkan oleh pelajar dalam kegiatan belajar secara daring, melainkan juga pengusaha Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). 

Akses WIFI tersebut juga dimanfaatkan untuk berkomunikasi. Dia menjelaskan, masyarakat bisa mengetahui lokasi akses poin JakWIFI melalui aplikasi JAKI. 

"Kolaborasi akan terus dilakukan buat memastikan tidak ada lagi ketimpangan dalam penyediaan akses internet," kata Anies. 

Baca Juga: Cegah penyebaran Covid-19, tempat wisata di Jakarta tutup saat malam pergantian tahun

Pemprov DKI Jakarta sebelumnya meluncurkan program internet gratis yang dinamakan JakWIFI. Anies mengatakan JakWIFI merupakan program penyediaan wifi gratis di daerah-daerah yang tidak terjangkau layanan internet gratis. 

Kehadiran JakWIFI bukan hanya untuk pendidikan, tetapi juga bagian dari penyediaan infrastruktur kota dan perluasan akses internet untuk kebutuhan masyarakat yang melingkupi banyak sektor, dari pendidikan, ekonomi atau usaha, layanan pemerintah, dan komunikasi warga. 

"Ketika terjadi pandemi ini, begitu banyak dari kita yang harus mengubah pola belajar, pola kerja. Sesuatu yang biasanya dikerjakan jarak dekat, sekarang serba dikerjakan jarak jauh," ucap Anies saat peluncuran JakWIFI, Jumat (28/8). 

Menurut dia, dengan adanya pandemi Covid-19 justru lebih cepat membuat perubahan tumbuhnya kesadaran atas teknologi digital. Karena itu, Anies berharap kebijakan JakWIFI dapat dimanfaatkan dengan baik, khususnya bagi anak-anak dalam melakukan pembelajaran jarak jauh. (Rosiana Haryanti)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Anies Klaim Telah Sediakan 6.267 Akses Poin JakWIFI"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru