Dukung UMKM Go Digital, Askrindo Syariah Gelar Literasi Penjaminan Syariah di Medan

Selasa, 27 September 2022 | 10:10 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Dukung UMKM Go Digital, Askrindo Syariah Gelar Literasi Penjaminan Syariah di Medan

Dukung UMKM Go Digital, Askrindo Syariah Gelar Literasi Penjaminan Syariah di Medan. Dihadiri Wali Kota Medan?Bobby Nasution dan?Plt Direktur Utama Askrindo Syariah Subagio Istiarno.


EKONOMI SYARIAH -  MEDAN. PT Jaminan Pembiayaan Askrindo Syariah menggelar literasi penjaminan syariah dengan tema Inklusi Penjaminan Syariah pada sektor Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) di era digital. 

Plt Direktur Utama Askrindo Syariah Subagio Istiarno mengatakan Askrindo Syariah secara aktif menggelar literasi khususnya di bidang penjaminan syariah yang  sebelumnya pernah dilakukan di beberapa kota seperti Aceh, Pekanbaru dan Mataram. 

Literasi ini diharapkan dapat membantu serta mendorong para UMKM agar naik kelas serta menyongsong digitalisasi bisnis.

"Di era 4.0 saat ini kami mengharapkan serta membantu para UMKM agar mampu beradaptasi dengan kondisi pasar dimana lebih dari 50% itu menggunakan teknologi agar para UMKM lebih siap lagi dalam menghadapinya," ujar Subagio dalam siaran pers, Selasa (27/9).

Baca Juga: Potensi Besar Ekonomi Syariah Indonesia Perlu Terus Digali

Subagio memaparkan, dengan adanya digitalisasi para UMKM akan menghemat biaya promosi karena bisa melalui media sosial serta platform e-commerce, lalu jangkauan pasar akan lebih luas lagi bahkan hingga ke luar negeri.

"Dengan penguatan digitalisasi ini maka UMKM akan memudahkan konsumen secara real time dalam menerima pesanan serta membantu mempertahankan pendapatan serta meningkatkan produktifitas agar usaha terus berjalan. Dengan digitalisasi ini pula diharapkan pasar mereka akan lebih dikenal dan dapat bersaing lebih luas lagi," jelasnya.

Komisaris Utama Askrindo Syariah, Siti Ma'rifah menambahkan penguatan ekonomi dan keuangan syariah merupakan bagian dari pertumbuhan ekonomi nasional yang inklusif serta pembiayaan ekonomi yang harmonis dengan lingkungan ekonomi syariah dan digitalisasi.

Menurutnya, Askrindo Syariah mendukung program pemerintah dalam hal pengembangan ekosistem syariah khususnya di sektor UMKM melalui penjaminan pembiayaan, Askrindo Syariah juga ingin memastikan agar pelaku UMKM dapat bertahan dan bangkit pasca pandemi covid 19 sehingga dapat berkontribusi pada perekonomian Indonesia.

Baca Juga: Bank Syariah Indonesia (BRIS) Akan Rights Issue 6 Miliar Saham Kuartal IV Tahun Ini

"Kami berharap dapat selalu membantu industri UMKM agar terus berkembang, berdaya saing sehingga dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perekonomian nasional di Indonesia," katanya.

Sementara itu, Walikota Medan Bobby Nasution dalam sambutannya menyampaikan, pemerintah kota Medan mendukung literasi penjaminan syariah yang di gelar oleh Askrindo Syariah. 

Menurutnya kegiatan ini menjadikan momentum bagi para UMKM dan dirinya berkeyakinan bahwa dengan adanya kolaborasi dari seluruh stakeholder maka UMKM akan bisa maju serta berdaya saing.

Baca Juga: Hingga Agustus, BSI Telah Salurkan KUR Syariah Senilai Rp 8,54 Triliun

"Kota Medan memiliki potensi ekonomi kerakyatan yang cukup besar, potensi itu secara rill ada dan bersentuhan dengan aktivitas ekonomi kerakyatan, termasuk potensi UMKM. Selain itu, membuat UMKM naik kelas juga merupakan salah satu dari lima program prioritas pemerintah Kota Medan," ujarnya.

Bobby melanjutkan, pemerintah Kota Medan berkomitmen untuk terus melakukan pembinaan baik dari tahap produksi, packaging, distribusi sampai tahap pemasaran bahkan memfasilitasi akses pada permodalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru