Fadli Zon anggap Anies-Sandi senasib dengan Trump

Sabtu, 28 Januari 2017 | 13:43 WIB Sumber: Kompas.com
Fadli Zon anggap Anies-Sandi senasib dengan Trump


JAKARTA. Politisi Partai Gerindra Fadli Zon membandingkan calon gubernur nomor pemilihan tiga di Pilkada DKI Jakarta 2017 Anies Baswedan dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Ia meyakini nasib Anies sama seperti Trump. Mereka mendapat hasil terbuncit dari beberapa lembaga survei. Namun pada akhirnya memenangkan kontestasi.

"Tergantung lembaga survei mana. Sehari sebelum ada Pilpres AS saja semua lembaga survei menyebutkan Donald Trump kalah, tapi pada akhirnya Donald Trump menang," kata Fadli kepada wartawan, di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Jumat (27/1/2017) malam.

Adapun dalam survei yang dirilis tiga lembaga survei dalam waktu yang bersamaan, elektabilitas pasangan Anies-Sandiaga dibawah dua calon lainnya.

Pertama, dalam survei Poltracking Indonesia, elektabilitas pasangan Anies-Sandiaga sebesar 28,63 %. Sedangkan elektabilitas Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni (Agus-Sylvi) sebesar 30,25 persen dan pasangan Ahok-Djarot 28,88%.

Berdasarkan hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI), ektabilitas Agus-Sylvi sebesar 36,7%, Ahok-Djarot 32,6%, dan Anies-Sandi 21,4%.

Terakhir, dalam hasil survei yang dilakukan Populi Center memperlihatkan Agus-Sylvi memiliki elektabilitas 25,0%. Kemudian, Ahok-Djarot dengan elektabilitas 36,7% dan Anies-Sandi memiliki elektabilitas 28,5%.

Fadli memandang hasil dari lembaga survei ini sebagai indikator dan pemacu agar Anies-Sandiaga lebih mendekati warga. "Berarti hasil lembaga survei sekadar indikator, ya bisa benar bisa salah. Jadi kalau kita lihat yang benar, nanti lah tanggal 15 Februari itu," kata Wakil Ketua DPR RI tersebut.

(Kurnia Sari Aziza)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru