Gara-gara virus corona, Pemprov DKI Jakarta batalkan program mudik gratis 2020

Rabu, 25 Maret 2020 | 07:12 WIB Sumber: Kompas.com
Gara-gara virus corona, Pemprov DKI Jakarta batalkan program mudik gratis 2020


MUDIK LEBARAN - JAKARTA. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membatalkan program mudik gratis pada Lebaran tahun ini yang mulanya akan digelar pada 17-18 Mei 2020. Tujuannya demi mencegah penularan virus corona tipe 2 (SARS-CoV-2) yang menyebabkan penyakit covid-19. 

"Sejak tanggal 19 Maret, kami sudah batalkan," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo saat dihubungi, Selasa (24/3). 

Program mudik gratis dibatalkan menindaklanjuti keputusan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang memperpanjang status darurat bencana wabah Covid-19 hingga 29 Mei 2020. 

Baca Juga: Kemenhub batalkan program mudik gratis 2020 karena wabah corona

Mudik gratis dibatalkan karena berpotensi menjadi sarana penyebaran virus corona, baik saat berkumpul sebelum berangkat maupun saat tiba di daerah tujuan. 

Syafrin berujar, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menyetujui pembatalan program mudik gratis tahun ini. Pemprov DKI juga mengimbau seluruh warga DKI Jakarta untuk tidak meninggalkan Ibu Kota sampai wabah Covid-19 mereda. 

"Kami mengimbau kepada masyarakat, selama masa darurat penanganan wabah Covid-19 agar jangan melakukan perjalanan ke luar Jakarta. Demikian juga bagi warga di luar Jakarta agar jangan masuk ke Jakarta sampai penanganan wabah ini bisa diatasi," kata Syafrin. 

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat resmi menghapus program mudik gratis pada masa Angkutan Lebaran 2020. 

Kebijakan ini diambil setelah mempertimbangkan Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit akibat Virus Corona di Indonesia yang berlaku selama 91 hari terhitung sejak tanggal 29 Februari sampai 29 Mei 2020. 

Baca Juga: Program mudik gratis dibatalkan, Kemenhub: Kami juga dorong masyarakat tidak mudik

Program mudik gratis yang diadakan oleh Kementerian Perhubungan, BUMN, hingga swasta akan ditiadakan, baik mudik gratis dengan bus maupun kapal penyeberangan. Kemenhub bahkan mendorong masyarakat untuk tidak mudik demi meminimalisasi kemungkinan penularan virus corona. 

Adapun hingga Selasa (24/3), terdapat 427 pasien positif covid-19 di Jakarta. Dari total pasien, ada 32 orang yang dinyatakan meninggal dunia, 23 orang sembuh. Kemudian, 266 pasien dirawat di rumah sakit dan 106 pasien melakukan isolasi mandiri. (Nursita Sari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cegah Penularan Covid-19, Pemprov DKI Batalkan Mudik Gratis Lebaran".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru