Gempa 7,3 Magnitudo di Mentawai, Tetap Waspadai Potensi Gempa Susulan

Selasa, 25 April 2023 | 08:43 WIB Sumber: Kompas.com
Gempa 7,3 Magnitudo di Mentawai, Tetap Waspadai Potensi Gempa Susulan

ILUSTRASI. Masyarakat diimbau mewaspadai gempa susulan pasca gempa berkekuatan 7,3 magnitudo yang mengguncang Mentawai, Sumatra Barat.


GEMPA BUMI - JAKARTA. Masyarakat diimbau untuk selalu waspada terhadap kemungkinan terjadinya gempa susulan pasca gempa berkekuatan 7,3 magnitudo yang mengguncang Mentawai, Sumatra Barat pada Selasa (25/4) dini hari pukul 03.00 WIB. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menegaskan bahwa meski tidak perlu panik, masyarakat perlu meningkatkan kesiagaan dan tetap waspada terhadap kemungkinan gempa susulan tersebut.

Abdul Muhari, Plt Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, menyatakan bahwa masyarakat diimbau untuk tidak panik, namun tetap menjaga kewaspadaan terhadap potensi gempa susulan yang mungkin terjadi. Masyarakat diminta untuk selalu siap sedia dan mempersiapkan segala sesuatunya sebaik mungkin, agar dapat menghadapi bencana dengan lebih baik.

"Sebagai bentuk antisipasi masyarakat terhadap potensi dan ancaman bencana yang dapat ditimbulkan oleh gempa bumi, maka BNPB mengajak masyarakat agar tidak perlu panik namun tetap meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan terhadap potensi gempa bumi susulan," ujar Abdul dalam keterangan tertulis, Selasa.

Selain itu, dia juga mengajak agar masyarakat bisa membuat peringatan dini gempa bumi dengan alat-alat yang sederhana, misalnya menyusun kaleng secara bertingkat.

Baca Juga: Gempa Terkini Magnitudo 7,3 Terjang Siberut, Padang, hingga Bukittinggi (25/4)

"Hal itu bertujuan dapat menjadi alarm apabila terjadi gempa bumi," imbuh dia.

BNPB juga meminta masyarakat dapat memastikan jalur evakuasi keluar dari rumah agar tidak terhalang dengan benda ukuran besar. "Di samping itu, bagi masyarakat agar dipastikan tidak ada barang-barang besar, lemari, kulkas, meja dan lain-lain yang bisa menghalangi proses evakuasi keluar rumah saat terjadi gempa," kata Abdul.

Sedangkan untuk masyarakat yang berada di wilayah pesisir untuk menyiapkan evakuasi ke tempat yang lebih tinggi jika gempa bumi terjadi lebih dari 30 detik. "Ini untuk menghindari kemungkinan terjadinya tsunami," kata dia.

Baca Juga: Indonesia Hit by Magnitude 7.3 Earthquake, Tsunami Warning Lifted

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebelumnya telah mengeluarkan informasi peringatan dini terkait potensi gelombang tsunami atas gempabumi M 7.3 dari lepas pantai sebelah barat Sumatra Barat. Peringatan tsunami itu kemudian berakhir pada pukul 05.17 WIB.

Gempa bumi susulan berskala magnitudo 5 di titik yang hampir sama dengan gempa sebelumnya pada kedalaman 12 kilometer kembali terjadi. Gempa bumi susulan itu terjadi pada pukul 05.19 WIB atau selang dua jam setelah gempa pertama.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Gempa 7,3 Magnitudo di Mentawai, BNPB Imbau Masyarakat Tetap Waspadai Potensi Gempa Susulan.
Penulis: Singgih Wiryono
Editor: Fabian Januarius Kuwado

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru