Gereja di lingkungan Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) masih belum buka minggu ini

Jumat, 05 Juni 2020 | 19:39 WIB Sumber: Antara
Gereja di lingkungan Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) masih belum buka minggu ini

ILUSTRASI. Jakarta Cathedral is seen before dusk in Jakarta, Indonesia, June 22, 2019. REUTERS/Willy Kurniawan


DAMPAK VIRUS CORONA - JAKARTA. Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) masih belum membuka gereja katolik yang ada di Jakarta untuk kegiatan misa pada hari Minggu (7/6). Kalau kegiatan misa gereja di Jakarta belum dibuka, berarti, gereja katolik lainnya yang ada di lingkungan KAJ yang tersebar tidak cuma di wilayah Jakarta saja, tapi juga Tangerang, Serpong, hingga Bekasi dan Cikarang masih ditutup untuk kegiatan misa.

"Iya, minggu ini pasti belum karena dalam pembukan ini kami menggunakan pendekatan yang konservatif, jadi kami mesti hati-hati serta cermat," kata Sekretaris Jenderal KAJ, Romo Adi Prasojo, Jumat (5/6).

Baca Juga: Maaf, misa Paskah di KAJ ditiadakan dan diganti misa online

Maklum, untuk membuka gereja untuk misa umum perlu persiapan yang matang. Ia mengatakan, salah satu protokol yang dibahas dalam penerimaan umat yang hadir ke gereja pada pembukaan pertama adalah sebesar 25% dari kapasitas gereja.

Baca Juga: Mulai Sabtu ini, umat Katolik di KAJ misa via live streaming

Padahal dalam protokol kesehatan yang dikeluarkan oleh Pemprov DKI Jakarta adalah tempat ibadah, berarti termasuk gereja, diperbolehkan menampung orang dengan kapasitas maksimum 50%.

"Protokolnya misalnya yang dibuka 25% dulu dari total kapasitas. Dann kalaupun dibuka pasti bertahap tidak lansung dibuka banyak, jadi secara bertahap," tuturnya.

Ini artinya, untuk minggu ini, gereja katolik yang ada di lingkungan KAJ, termasuk juga wilayah lain yang masih menerapkan PSBB dipastikan masih menjalankan ibadah secara daring atau online dan dapat diakses masyarakat luas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Markus Sumartomjon

Terbaru