Gubernur Anies sempat meminta pemerintah pusat untuk menimbang ulang libur panjang

Senin, 26 Oktober 2020 | 15:47 WIB Sumber: TribunNews.com
Gubernur Anies sempat meminta pemerintah pusat untuk menimbang ulang libur panjang

ILUSTRASI. Anies Baswedan. REUTERS/Yuddy Cahya Budiman


VIRUS CORONA - JAKARTA. Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku sudah meminta pemerintah pusat menimbang ulang soal pemberian cuti bersama nasional yang berakibat pada libur panjang, pada 28 Oktober - 1 November 2020.

Sebab Anies khawatir lonjakan kasus Covid-19 saat libur panjang bulan Agustus lalu kembali terulang. "Sebetulnya tiga minggu yang lalu kami sudah mengajukan saat rapat pertemuan dengan gugus. Coba dipertimbangkan soal libur panjangnya. Tapi pemerintah pusat tetap jalan libur panjang," kata Anies di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (26/10/2020).

Namun karena pemerintah pusat telah memutuskan memberi libur panjang kepada masyarakat, Anies mengatakan Pemprov DKI akan melakukan upaya antisipasi segala efek sampingnya, termasuk lonjakan kasus Corona.

Salah satu antisipasi itu yakni memperbanyak jumlah tempat tidur, dan meningkatkan kegiatan pelacakan atau penelusuran terhadap warga yang berinteraksi dengan pasien positif.

Baca Juga: Begini imbauan BNPB agar berwisata secara aman dimasa pandemi

"Ya sudah keputusan pemerintah pusat itu sekarang kita jalani antisipasi semua side effectnya. Yang diantisipasi itu kita harus siap jumlah tempat tidur kemudian kegiatan tracing testing karena pengalaman mada libur panjang sesudahnya suka ada lonjakan ," jelas dia.

Anies meminta kepada seluruh masyarakat ibu kota untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan saat beraktivitas. Ia mengingatkan bahwa penularan bukan cuma terjadi di ruang publik, tapi justru banyak terbentuk di lingkup keluarga.

Oleh karena itu tak heran jika makin banyak jumlah klaster keluarga karena penularan internal. "Seluruh protokol kesehatan ditaati. Penularan itu tidak hanya terjadi di wilayah publik. Penularan itu justru banyak terjadi di arena keluarga," pungkas Anies.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Khawatir Lonjakan Kasus, Anies Sempat Minta Pemerintah Pusat Menimbang Ulang Libur Panjang"

Selanjutnya: Jelang libur panjang, Hutama Karya pastikan kesiapan jalan tol yang dikelolanya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru