Gunung Karangetang di Sultra muntahkan abu vulkanik disertai gemuruh

Sabtu, 05 Januari 2019 | 21:20 WIB Sumber: Kompas.com
Gunung Karangetang di Sultra muntahkan abu vulkanik disertai gemuruh

Erupsi Gunung Karangetang Kepulauan Sitaro Manado


ERUPSI GUNUNG - MANADO. Gempa bumi, tsunami dan letusan gunung merapi masih berpotensi terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia. Terbaru adalah Gunung Karangetang di Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara (Sultra) pada malam hari ini mulai mengeluarkan suara gemuruh lemah hingga rada menguat disertai jatuhan abu vulkanik.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Karangetang Yudia Prama  mengatakan secara visual, gunung kabut 0-I, kabut 0-II, hingga kabut 0-III. Asap kawah tidak teramati. Suara gemuruh lemah agak kuat sering terdengar.

"Jatuhan abu vulkanik jatuh di Kampung Beong dan Salili, Kecamatan Siau Tengah dan sekitarnya dengan ketebalan sangat tipis," katanya dalam keterangan tertulis, Sabtu (5/1) pukul 19.57 WITA.

Yudia menjelaskan, kegempaan guguran terjadi 10 kali. "Amplitudo 5-10 mm, durasi 50-60 detik. Sedangkan hembusan terjadi 9 kali, amplitudo 10-40 mm, durasi 25-95 detik. Kemudian, tremor harmonik terjadi 3 kali, amplitudo 8-20 mm, durasi 75-80 detik. Tektonik jauh terjadi 2, amplitudo 12-30 mm, S-P 24-26 detik, durasi 50-53 detik," jelasnya.

Ia menambahkan, tremor menerus (microtremor) terekam dengan amplitudo 0,5-1 mm (dominan 0,5 mm). "Tingkat aktivitas Gunung Karangetang Level III (Siaga)," imbuhnya.

Pihaknya merekomendasikan masyarakat di sekitar Gunung Karangetang dan pengunjung atau wisatawan agar tidak melakukan pendakian dan tidak beraktivitas di dalam radius 2,5 km dari Kawah 2 (kawah utara) dan Kawah Utama (kawah Selatan) ke arah utara-timur-selatan-barat dan radius 3 km ke arah barat laut.

Masyarakat yang tinggal di sekitar bantaran sungai yang berhulu dari puncak Gunung Karangetang agar meningkatkan kesiapsiagaan dari potensi ancaman lahar hujan dan banjir bandang yang dapat mengalir hingga ke pantai.

Masyarakat di sekitar Gunung Karangetang juga dianjurkan agar menyiapkan masker penutup hidung dan mulut, guna mengantisipasi potensi bahaya gangguan saluran pernapasan jika terjadi hujan abu. (Skivo Marcelino Mandey)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gunung Karangetang Terus Keluarkan Suara Gemuruh Disertai Abu Vulkanik",
 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru