Hujan meteor Taurid Selatan mencapai puncaknya mulai hari ini (5 November 2021)

Jumat, 05 November 2021 | 13:05 WIB   Penulis: Arif Budianto
Hujan meteor Taurid Selatan mencapai puncaknya mulai hari ini (5 November 2021)

ILUSTRASI. Hujan meteor Taurid Selatan mencapai puncaknya mulai hari ini (5 November 2021)


FENOMENA ASTRONOMI - Jakarta. Hujan meteor Taurid Selatan mencapai puncaknya mulai hari ini (5 November 2021). Hujan meteor yang satu ini akan berlangsung sampai hari Sabtu, 6 November 2021, tahukah Anda tentang meteor Taurid Selatan? Yuk cari tahu di sini.

Fenomena astronomi kembali menyinari langit di bulan November 2021 ini. Kali ini hujan meteor Taurid Selatan akan segera mencapai puncaknya mulai hari ini, Jumat 5 November 2021.

Apakah Anda ingin berburu pemandangan langit dengan kemunculan hujan meteor Taurid Selatan ini? Sebelum itu, yuk cari tahu tentang hujan meteor Taurid Selatan ini.

Tentang Meteor Taurid

Taurid adalah hujan meteor tahunan yang memiliki kaitannya dengan komet Encke. Pada dasarnya, Taurid adalah dua pancuran terpisah, dengan komponen Selatan dan Utara.

Menurut Pusat Riset Antariksa LAPAN BRIN, hujan meteor Taurid Selatan berasal dari sisa debu komet Encke yang mengorbit Matahari dengan periode 3,3 tahun. Sementara itu, hujan meteor Taurid Utara berasal dari asteroid 2004 TG.

Asal nama Taurid ini berdasarkan titik pancaran mereka di konstelasi Taurus. 

Hujan meteor Taurid ini umumnya muncul pada akhir Oktober dan awal November. Oleh karena itu, mereka juga kerap kali diberi julukan sebagai bola api Halloween.

Berbicara tentang hujan Taurid Selatan, Pusat Riset Antariksa LAPAN BRIN membagikan informasi yang cukup menarik lewat akun resmi Instagram (@pussainsa_lapan).

Hujan meteor ini dikabarkan aktif sejak 25 September hingga 25 November dan intensitas maksimumnya terjadi pada 6 November pukul 10.35 WIB/ 11.35 WITA/ 12.35 WIT. Namun demikian, fenomena astronomi yang satu ini puncaknya jatuh pada tanggal 5-6 November 2021.

ILUSTRASI Hujan meteor, Foto asli: Perseid meteor shower

Baca Juga: Hujan meteor hingga gerhana Bulan sebagian, ini fenomena astronomi di November 2021

Hujan meteor pada umumnya akan terjadi setelah matahari terbenam. Waktu yang optimal untuk melihat hujan meteor Taurid adalah tengah malam waktu setempat.

Meteor akan melesat ke mana saja di langit, bila Anda tertarik untuk melihat, tak perlu fokus di arah tertentu. Yang perlu diperhatikan saat berburu pemandangan hujan meteor adalah segera menuju lokasi yang minim akan polusi cahaya.

Dengan demikian, Anda akan mendapatkan pengalaman melihat pemandangan hujan meteor terbaik.

Apakah Anda sudah bersiap untuk berburu pemandangan hujan meteor Taurid Selatan mulai hari ini?

Selanjutnya: Sebelum menabrak Bumi, NASA akan menemukan asteroid kemudian mengubah arahnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru