Peristiwa

Ingin ke luar kota? Ini prediksi puncak arus mudik cuti bersama

Jumat, 23 Oktober 2020 | 09:33 WIB Sumber: Kompas.com
Ingin ke luar kota? Ini prediksi puncak arus mudik cuti bersama

ILUSTRASI. Pemerintah memprediksi, pada 28 Oktober 2020 atau dimulainya cuti bersama akan terdapat puncak arus kepadatan kendaraan.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah memprediksi, pada 28 Oktober 2020 atau dimulainya cuti bersama akan terdapat puncak arus kepadatan kendaraan. Berkaitan dengan hal ini, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat yang ingin berlibur jangan bertumpu di satu hari tersebut, untuk mencegah potensi rawan terjadi penularan Covid-19. 

"Atur perjalanan anda dengan baik untuk menghindari kepadatan masyarakat yang berpotensi terjadinya penularan pandemi,” kata Budi Karya dilansir dari Antara, Jumat (23/10/2020). 

Ia memprediksi potensi kepadatan arus mudik terjadi di tiga titik yaitu, pertama, Jalan dari arah Jakarta menuju ke arah timur (Jawa Barat, Tengah, dan Timur). Kedua, kapal penyeberangan ke arah Sumatera, dan ketiga di Bandara. 

Budi Karya melihat kecenderungan masyarakat untuk melakukan perjalanan menggunakan semua jenis transportasi akan meningkat pada libur panjang akhir Oktober nanti. 

Baca Juga: 11 Pesan Mendagri untuk kepala daerah menjelang libur panjang

"Kami prediksi akan terjadi peningkatan pergerakan orang dan kendaraan sekitar 10-20 persen,” kata Budi Karya Sumadi. 

Dia mengatakan, Presiden telah memperingatkan agar melakukan upaya antisipasi pada libur panjang akhir Oktober agar tidak terjadi peningkatan laju penularan Covid-19, seperti yang sempat terjadi selepas libur panjang Cuti Bersama Tahun Baru Islam pada bulan Agustus lalu. 

Baca Juga: Tetap ingin pelesiran, ini tips liburan aman dari penularan virus corona

Mengantisipasi hal itu, dia akan melakukan koordinasi dengan para operator transportasi untuk konsisten memberlakukan protokol kesehatan yang ketat dari mulai awal keberangkatan, pada saat perjalanan, hingga sampai di tujuan. 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Terbaru