Peristiwa

Ini hukuman bagi warga Jawa Timur yang tidak mengenakan masker

Senin, 20 Juli 2020 | 08:09 WIB Sumber: Kompas.com
Ini hukuman bagi warga Jawa Timur yang tidak mengenakan masker

ILUSTRASI. Ilustrasi virus corona. REUTERS/Pavel Mikheyev

KONTAN.CO.ID - TRENGGALEK. Tertangkap tak menggunakan masker, sejumlah warga di Trenggalek, Jawa Timur, dihukum melakukan sosialisasi. Mereka dihukum oleh Satuan Polisi Pamong Praja kabupaten Trenggalek, karena diketahui tidak patuh mengenakan masker ketika di tempat umum, salah satunya di Alun-alun Kabupaten Trenggalek.

Mereka yang terjaring razia diberi hukuman melakukan sosialisasi tentang pentingnya mengenakan masker ketika di tempat umum.

Melalui pengeras suara, mereka berkilling berjalan kaki di kawasan taman alun-alun menyampaikan imbauan serta memberi informasi akan bahaya Covid-19. Warga lainnya melakukan sosialisasi dengan membawa poster imbauan.

Baca Juga: Selain dari enam wilayah zona merah, berikut penyebaran virus corona di Jawa Timur

Hukuman ini sengaja diberikan untuk menghindari hukuman berupa fisik, hingga denda bagi warga yang tidak patuhi protokol kesehatan.

"Daripada menghukum denda, fisik, kerja bakti, kami memilih untuk memberi masker, lalu mereka siaran," ujar Kasatpol PP Kabupaten Trenggalek Triadi Atmono melalui pesan singkat, Jumat (17/7/2020).

Baca Juga: Update corona Jatim Minggu 19 Juli positif 18.308, sembuh 9.342 meninggal 1.401

Hukuman sosialisasi dinilai lebih efektif membuat warga menjadi lebih tertib menaati protokol kesehatan. Diharapkan, setelah menjalani hukuman tersebut, mereka akan lebih memiliki tanggung jawab untuk saling menjaga.

"Sebab warga yang tak pakai masker ini berkeliling mencari warga lain yang juga tak pakai masker. Lalu menyosialisasikan soal Covid-19," ujar Triadi.

Baca Juga: Jatim mengincar pelancong lokal melalui Kawasan Bromo Tengger Semeru

Di sejumlah tempat, masih ditemukan warga yang bandel tidak menerapkan protokol kesehatan, di antaranya tidak menjaga jarak dan mengenakan masker. Diharapkan hukuman yang diterapkan saat ini membuat warga lebih peduli dengan kesehatan sekitar. Ditambah lagi saat ini penularan Covid-19 di Trenggalek sudah ada dari transmisi lokal. Sebelumnya, seluruh yang positif Covid-19 berasal dari luar kota.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tak Pakai Masker, Warga Dihukum Berkeliling Sambil Sosialisasi Bahaya Tak Patuhi Protokol Kesehatan"
Penulis : Kontributor Trenggalek, Slamet Widodo
Editor : David Oliver Purba

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie


Terbaru